Hapus Dosa dengan Sholat, Ini Dia 4 Keutamaan Sholat Taubat

By. Dewi Savitri - 16 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Sholat taubat adalah sholat sunnah yang dilakukan dengan rangka bertaubat kepada Allah SWT. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan memiliki dosa. Dosa-dosa kecil mungkin dapat dihapus dengan beristighfar, namun dosa-dosa besar rasanya tidak cukup hanya dengan beristighfar saja. Bertaubat dari dosa-dosa besar yang dimiliki dapat dilakukan dengan taubatan nasuka salah satu caranya adalah dengan melakukan sholat taubat.

 

Baca Juga: Mengenal Sholat Istikharah, Mencari Jawaban Dua Pilihan

 

Seperti namanya, sholat taubat dikerjakan dalam rangka meminta ampunan kepada Allah SWT untuk bertaubat. Sholat taubat memiliki keutamaan yang luar biasa, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Mendapat ampunan dari Allah SWT

 

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

“Tiada seorang pun yang berdosa kemudian ia berwudhu lalu mengerjakan sholat serta memohon ampun kepada Allah melainkan ia diampuni olehNya.” Selanjutnya beliau membaca ayat (QS. Ali Imran: 135, yang artinya), “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; hasan)

 

2. Dicintai Allah SWT

 

Mengerjakan sholat taubat adalah salah satu bentuk dari kesungguhan seorang hamba untuk benar-benar bertaubat dari dosa dan maksiat. Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah Ayat 222:

 

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

 

Artinya: “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)

 

3. Dido’akan Malaikat

 

Baca Juga: Hal-hal yang Sebelum Melaksanakan Sholat Taubat

 

Orang yang bertaubat akan dido’akan oleh para malaikat untuk mendapat ampunan dari Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam QS. Ghafir Ayat 7:

 

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا

 

Artinya: “(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat.” (QS. Ghafir: 7)

 

4. Mendapatkan Surga

 

Allah akan memasukkan hamba-Nya yang bertaubat nasuha kedalam surga-Nya sebagaimana firman-Nya dalam Qs. At-Tahrim Ayat 8:

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَار

 

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At-Tahrim: 8)

 

Baca Juga: Ketahuilah!!! 4 Hal Penting Membaca Niat Sholat Dengan Benar

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan sholat taubat, semoga kita senantiasa dijauhkan dari segala bentuk maksiat dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat sekalian. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com. Semoga kita selalu dalam keberkahan dan perlindungan Allah swt Amin YRA









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp