3 Amalan di Hari Arafah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

By. Dewi Savitri - 16 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Hari Arafah adalah hari dimana jamaah haji berkumpul di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Jutaan umat muslim dari seluruh penjuru dunia akan berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf. Proses ini merupakan proses penting ibadah haji, pada saat inilah Allah akan membanggakan hamba-Nya yang berkumpul di Padang Arafah kepada para malaikat.

 

Baca Juga: Ini Dia Makna dan Tata Cara Wukuf di Arafah yang Harus Kamu Tau!!

 

Keutamaan hari Arafah tidak hanya berlaku bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah haji. Namun keutamaan-keutamaan lain juga bisa didapatkan oleh seluruh umat muslim di dunia. Ada beberapa cara untuk mendapat keutamaan di hari Arafah, salah satunya adalah dengan melaksanakan puasa Arafah. Namun, ada beberapa amalan lain yang dapat dilakukan di Hari Arafah selain berpuasa. Apa saja amalan-amalan tersebut?

 

Berikut adalah beberapa amalan di Hari Arafah yang dapat kamu lakukan:

 

1. Memperbanyak Dzikir dan Berdo’a

 

Sebaik-baiknya do’a adalah dia di Hari Arafah. Hari Arafah dapat diisi dengan memperbanyak dzikir dan do’a kepada Allah yang didahului dengan beristighfar dan bertaubat. Hal ini sesuai dengan sebuah hadis yang artinya:

 

"Sebaik-baik doa adalah doa Hari Arafah, dan sebaik-baik ucapan yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah la ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa 'ala kulli syaiin qadir". (HR. at-Tirmidzi).

 

2. Memohon Ampunan kepada Allah

 

Pada Hari Arafah, Allah melimpahkan maghfiroh kepada para hamba-Nya. Maghfiroh akan mengalir sebagai bentuk keagungan Allah SWT. Aisyah ra berkata yang artinya:

 

Baca Juga: Apa Itu Wukuf? Ini Dia Keutamaan Wukuf di Arafah

 

“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim no. 1348)

 

3. Berbuat Baik dan Bersedekah

 

Amalan berikutnya yang dapat dilakukan di Hari Arafah adalah menebarkan kebaikan, beramal sholeh dah bersedekah. Hal ini menunjukkan bahwa kita melakukan perbuatan baik di Hari Arafah secara totalitas untuk mendapat ridho dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

 

“Sesungguhnya Allah berbangga kepada para malaikat-Nya pada sore Arafah dengan orang-orang di Arafah, dan berkata: “Lihatlah keadaan hambaku, mereka mendatangiku dalam keadaan kusut dan berdebu” (HR. Ahmad 2: 224)

 

Amalan diatas tentu akan lebih afdhol jika dibarengi dengan berpuasa Arafah, namun bagi yang tidak dapat melakukan puasa karena suatu halangan maka dapatkan kesempatan lain untuk tetap beribadah dengan amalan-amalan tersebut. Itulah beberapa amalan di Hari Arafah selain Puasa Arafah yang bisa kamu lakukan dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Batemuri semua.

 

Baca Juga: Ayo Puasa Tarwiyah ! Bisa Hapuskan Dosa Setahun

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp