Jangan Lupa Setiap Kali Thawaf Baca Doa Ini Setiap Melewati Maqam Ibrahim !

By. Siti Rahmawati - 19 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Banyak doa yang diajarkan Rasulullah kepada umat Islam. Doa tersebut berkaitan dengan segala aktivitas di kehidupan manusia, termasuk ibadah, muamalah, dan fiqih.

 

Salah satu doa yang perlu diketahui adalah doa ketika melintasi Maqam Ibrahim. Maqam Ibrahim merupakan batu petilasan Nabi Ibrahim. Maqam dalam Bahasa Arab berarti tempat berdirinya Nabi Ibrahim alaihi salam ketika dulu membangun Kabah bersama putranya, Nabi Ismail.

 

sumber gambar : sindonews.com

 

 

Posisinya terletak  kurang lebih 20 hasta di sebelah timur Ka'bah. Di atas batu inilah Nabi Ibrahim membangun Ka’bah dengan tangannya sendiri, yang batu-batuannya dibawa Ismail.

 

 

Baca juga:

 

 

Mengutip dari laman Republica Maqam Ibrahim memiliki keutamaan tersendiri. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah ketika tiba di Ka'bah  beliau langsung mencium Hajar Aswad dan kemudian berlari-lari kecil tiga putaran. Pada putaran keempat, Nabi berjalan biasa menuju Maqam Ibrahim. Di Maqam Ibrahim, Rasulullah SAW berdoa memohon agar menjadikan sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat. Selain itu dijelaskan pula bahwa siapa saja yang sholat dibelakang Maqam doanya akan dikabulkan.

 

 

Keistimewaan Maqam Ibrahim

 

Maqam Ibrahim memiliki keistimewaan yang perlu diketahui. Melansir dari Muslim.or.id, sebagian ulama menyebut Maqam Ibrahim dan Hajar Aswad merupakan batu dari surga. Seorang sahabat yang memiliki keahlian melihat nasab menyebutkan bahwa jejak kaki Maqam Ibrahim mirip dengan kaki Nabi Ibrahim SAW.

 

 

Maqam Ibrahim ini sangat istimewa karena terjaga dalam waktu ribuan tahun lamanya. Hingga sekarang, Maqam Ibrahim hingga kini masih terjaga dan dikunjungi oleh umat Islam dari seluruh dunia.

Maqam Ibrahim konon katanya sempat hilang atau dicuri sebentar, namun tak lama kemudian kembali lagi ke tempat asalnya. Ini merupakan salah satu bukti penjagaan Allah terhadap Maqam Ibrahim.

 

 

 

Karena itu bagi jamaah haji  ketika thawaf melintasi Maqam Ibrahim dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Berikut doanya:

 

رَبِّ أَدْخِلْنِي مَدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا. وَقل جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا.

 

 

 

Ya Tuhanku, masukan aku ketempat masuk yang benar, dan keluarkan (pula) aku ketempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolongku. Dan katakanlah, kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap. Sungguh yang batil itu pasti lenyap.

 

 

Baca juga:

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp