Jangan Takut Tersesat Saat Ibadah Haji, Baca Sholawat Ini dan Temukan Jalan Pulang

By. Dewi Savitri - 20 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Kita sering mendengar tentang kisah jamaah yang mengalami berbagai pengalaman spiritual saat melaksanakan ibadah haji maupun umrah di Tanah Suci. Kisah-kisah spiritual ini sangat variatif, mulai dari kisah inspiratif hingga kisah yang memilukan seperti menghadapi kesulitan dan masalah-masalah lainnya.

 

Baca Juga: Hati-hati Gangguan Setan!! Ini Dia 5 Amalan Sebelum Tidur Sesuai Syariat Islam

 

Kisah-kisah spiritual ini sering tidak masuk akal dan tidak jarang menjadi beban tersendiri bagi umat muslim yang belum berangkat haji. Kisah-kisah ini kemudian diasumsikan sebagai balasan atas perlakuan mereka selama di Tanah Air. Maksudnya, di Tanah Suci sana kita akan menerima hukum yang sesuai dengan bagaimana kita berprilaku semasa dirumah. Seseorang yang baik biasanya akan dipertemukan dengan hal-hal baik, dan seseorang yang kurang baik serta menjalankan ibadah dengan niat yang salah maka akan mendapat hukuman sesuai dengan perbuatannya.

 

Peristiwa seperti ini tidak hanya terjadi kepada mereka yang baru pertama kali menunaikan ibadah haji maupun umrah di Makkah. Namun, seseorang yang sudah sering dan berkali-kali ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi pun sering mengalami peristiwa serupa seperti misalnya tersesat dan tidak tau arah jalan pulang. Tersesat dan kebingungan tentu akan membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi panik dan takut.

 

Dikutip dari nuonline, terkait dengan peristiwa jamaah haji tersesat, Prof. Moh. Mukri, salah satu anggota Amirul Hajj Indonesia Tahun 2022 menyarankan agar jamaah memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW selama berada di Tanah Suci. Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah bentuk upaya jamaah untuk bersandar kepada Nabi Muhammad SAW dan tawakal kepada Allah SWT agar diberikan ketenangan dan hati menjadi lebih bersih.

 

Menurut Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), jika sedang mengalami kondisi kesulitan seperti tersesat, kita disarankan untuk bersikap tenang, beristighfar, dan memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian, insyaAllah seseorang yang tersesat akan ditunjukkan jalan oleh Allah SWT.

 

Berikut adalah sholawat yang dapat dibaca oleh jamaah saat tersesat:

 

صَلَّى اللهُ عَلَيْكَ يَا مُحَمَّد

 

"Shallallaahu alaika yaa Muhammad"

 

Baca Juga: Doa Ketika Melihat Ka'bah

 

Adapun keutamaan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

 

1. Shalatul malikil ghaffar (rahmat dari Allah yang maha kuasa dan maha pengampun)

2. Syafa’atun nabiyyil mukhtar (syafaat Nabi Muhammad, nabi pilihan) 

3. Al-iqtida bil mala’ikatil abrar (mengikuti tradisi malaikat abrar) 

4. Mukhalafatul munafiqin wal kuffar (membedakan diri dari orang munafik dan orang kafir) 

5. Mahwul khathaya wal awzar (penghapusan kesalahan dan dosa) 

6. Qadha’ul hawa’ij wal awthar (pemenuhan hajat dan harapan) 

7. Tanwiruz zawahir wal asrar (penerangan lahir dan batin) 

8. An-najatu minan nar (keselamatan dari neraka) 

9. Dukhulu daril qarar (masuk ke dalam surga)

10. Salamul azizil jabbar (salam dari Allah yang maha mulia dan kuasa)

 

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Dia Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Tersesat di Masjidil Haram

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat semua, selamat beristirahat!! Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp