Fakta Menarik!!! Keutamaaan Sholat Jenazah di Masjidil Haram

By. Danan - 31 Jan 2023

Bagikan:
img

Assalamu’alaikum sobat Annabil!

Saat kamu sedang melaksanakan ibadah ke tanah suci, sholat jenazah merupakan sholat yang rutin dilakukan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Sholat jenazah dilakukan setelah melakukan sholat fardhu setiap harinya.

Kenapa sholat jenazah rutin dilakukan?

Sholat jenazah rutin dilakukan untuk mendoakan jenazah yang meninggal di tanah suci pada saat itu. Tata cara untuk melakukan sholat jenazah yaitu 4 kali takbir, tanpa rukuk dan sujud. Rakaat pertama membaca Al Fatihah, rakaat kedua baca salawat, rakaat ketiga dan keempat membaca doa.

Nah sobat, terdapat keutamaan saat kamu melaksanakan sholat dhuha loh! Apa saja? Simak terus infonya ya!

  1. Pahala yang didapatkan akan berlipat ganda.
  2. Berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW.

Barang siapa yang menyaksikan sampai mennyolatkannya, maka baginya satu qiroth, lalu barang siapa yang menyaksikan jenazah  sampai memakamnya, maka baginya 2 qiroth” –Bukhori Muslim.

Menurut para ulama, 1 Qiroth seperti sebesar Gunung Uhud yang merupakan gunung di Madinah dan keutamaan sholat jenazah di Masjidil Haram  bertambah 100.000 kali sedangkan jika di Masjid Nabawi akan bertambah 1.000 kali.

Subhanallah sekali bukan?

Untuk penguburannya, jika seseorang meninggal di Madinah akan dimakamkan di Makam Baqi. Sedangkan jika seseorang meninggal di Mekkah akan dimakamkan di pemakaman Syarai’.

 



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp