Cuaca Panas, Ini Dia 4 Tips Umrah Wajib bagi Jamaah Haji Agar Tetap Bugar

By. Dewi Savitri - 20 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Mendekati puncak ibadah haji, jamaah haji dari berbagai negara terus berdatangan dan semakin memadati Kota Makkah. Kondisi ini membuat Masjidil Haram semakin padat terutama pada waktu pelaksanaan sholat berjamaah.

 

Baca Juga: 3 Amalan di Hari Arafah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

 

Dikutip dari Kemenag.go.id, berikut adalah beberapa tips melaksanakan umrah wajib bagi jamaah haji Indonesia:

 

1. Hindari Waktu Siang Hari

 

Cuaca di Makkah sangat panas, jamaah haji yang tiba di Makkah pada siang hari sebaiknya tidak langsung memaksakan diri untuk menjalankan ibadah umrah wajib. Jamaah dianjurkan untuk beristirahat terlebih dahulu di hotel tempat tinggal.

 

2. Hindari Waktu Sholat

 

Jamaah dihimbau untuk tidak melaksanakan umrah wajib pada waktu sholat karena Masjidil Haram di waktu sholat akan sangat padat. Hal ini dikarenakan pada waktu sholat, Masjidil Haram akan sangat padat dipenuhi oleh jamaah yang datang untuk melaksanakan sholat berjamaah di Masjidil Haram. Selain itu, setelah sholat selesai Masjid juga akan dipenuhi oleh jamaah yang hendak pulang ke penginapan setelah melaksanakan ibadah sholat.

 

3. Ambil Waktu Malam Hari

 

Baca Juga: Dijamin Aman!! Tips Sa'i bagi Jamaah Haji Lansia dan Risti

 

Jamaah yang tiba pada siang dan sore hari di Makkah dapat mengambil waktu melaksanakan umrah wajib pada malam hari atau setelah sebagian besar jamaah yang melaksanakan sholat isya berjamaah sudah pulang dari Masjidil Haram. Kisaran waktunya yaitu kurang lebih pada pukul 11 malam.  Jamaah bisa beristirahat terlebih dahulu di siang dan sore hari ketika sampai di penginapan, kemudian setelah bubaran waktu sholat Isya, jamaah bisa langsung menuju Masjidil Haram dan melaksanakan umrah wajib.

 

4. Ambil Waktu Setelah Sholat Subuh

 

Bagi jamaah yang tiba di Makkah pada waktu dini hari atau tengah malam, jamaah dianjurkan untuk tidak langsung menunaikan ibadah umrah wajib namun disarankan untuk beristirahat. Umrah wajib bagi jamaah yang sampai di Makkah pada dini hari disarankan untuk dilakukan pada waktu setelah selesai sholat subuh atau sekitar pukul 6 pagi. Pada waktu ini, kondisi Masjidil Haram sudah tidak terlalu padat karena jamaah sholat subuh sudah pulang ke penginapan. Selain itu, waktu ini juga disarankan karena cuaca belum terlalu panas sehingga jamaah yang menjalankan umrah wajib di waktu ini akan merasa lebih nyaman.

 

Baca Juga: Kamu Harus Tau!! Ini Dia 5 Tips Cegah Dehidrasi bagi Jamaah Haji,

 

Itulah beberapa tips melaksanakan umrah wajib bagi jamaah haji Indonesia, semoga tips ini bermanfaat bagi Sobat semua. Selamat menunaikan ibadah haji bagi yang sedang menjalankan!! Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp