Baru Pertama Kali? Ini Dia 6 Persiapan Umrah yang Harus Kamu Lakukan

By. Dewi Savitri - 20 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Umrah biasa juga disebut sebagai haji kecil, adalah sebuah kegiatan ibadah dalam agama islam yang dilakukan dengan menuju Kota Suci Makkah untuk melakukan beberapa ritual ibadah. Bagi jamaah haji Indonesia umrah menjadi pilihan dan opsi untuk menjalankan ibadah karena ibadah haji memiliki waktu tunggu yang sangat lama.

 

Baca Juga: Kamu Harus Tau!! Ini Dia 5 Tips Cegah Dehidrasi bagi Jamaah Haji,

 

Bagi calon jamaah yang baru pertama kali menjalankan ibadah umrah biasanya bingung tentang apa saja yang harus disiapkan saat akan berangkat beribadah ke Tanah Suci. Kami sudah merangkum beberapa persiapan yang bisa dilakukan saat Sobat akan melakukan perjalanan umrah pertama kali. Persiapan umrah pertama kali yaitu sebagai berikut:

 

1. Ketahui Musim di Arab Saudi

 

Hal pertama yang harus disiapkan calon jamaah adalah riset mengenai musim di Arab Saudi. Disana, terdapat dua musim yaitu musim panas dan musim dingin. Meskipun sama-sama memiliki dua musim seperti di Indonesia, namun terdapat perbedaan yang sangat terlihat anatara musim di Arab dan di Indonesia. Perbedaan ini ada dari segi kelembaban yang mengakibatkan di Arab Saudi jarang sekali hujan.

 

Kota Makkah dan Madinah yang pasti akan dikunjungi oleh jamaah dari Indonesia memiliki sedikit perbedaan suhu karena letak geografisnya. Jika kita sudah mengetahui musim disana, maka kitab isa menyesuaikan dan mengantisipasi dengan membawa perlengkapan yang sesuai untuk kenyamanan kita selama beribadah di Arab Saudi.

 

2. Menjaga Kesehatan

 

Ibadah umrah mirip dengan ibadah haji. Baik ibadah umrah ataupun ibadah haji sama-sama membutuhkan kekuatan fisik. Beberapa kegiatan ibadah yang membutuhkan kekuatan fisik yaitu thawaf dan sa’i. Jarak tempuh thawaf bergantung pada kedekatan jamaah dengan Ka’bah yang menjadi pusat pengitaran. Semakin jauh jamaah dari Ka’bah maka semakin jauh pula jarak yang akan ditempuh saat melaksanakan thawaf. Kemudian jarak antara Bukit Shafa dan Marwah yang akan dituju saat melaksanakan sa’i yaitu sekitar 450 meter. Sehingga, sa’i atau berlari kecil dari Bukit Shafa ke Marwah sebagai 7 kali tersebut jika dijumlahkan jaraknya yaitu sekitar 3,15 kilometer.

 

Baca Juga: 4 Persiapan Jamaah Haji Lansia Agar Ibadah Tetap Bugar

 

Kemudian, selain melaksanakan ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi jamaah biasanya juga berziarah ke tempat bersejarah lain yang terletak di kota yang berbeda seperti Masjidil Aqsa, dan Jabbal Nur. Oleh sebab itu menjaga kesehatan fisik sangat penting untu kebugaran menjalankan ibadah umrah di Tanah Suci

 

3. Membawa Keperluan Pribadi

 

Bawalah keperluan pribadi secukupnya. Selain itu sesuaikan dengan suhu dan musim saat kita akan menjalankan ibadah umrah. Bawa obat-obatan, perawatan tubuh dan pakaian yang sesuai. Sobat juga bisa membawa minyak angin atau penghangat tubuh jika tidak terbiasa dengan dingin.

 

4. Mengetahui Auran di Arab Saudi

 

Ada sejumlah aturan kesopanan di negara ini yang sudah terangkum dalam Piagam Kesopanan Umum (Public Decorum Charter). Semua orang harus berpakaian sopan dan wanita harus menutupi bahu serta lutut di tempat umum, selain itu orang juga tidak diperbolehkan bermesraan serta menggunakan  bahasa kasar atau menunjukkan gaya tubuh yang tidak sopan di tempat umum.

 

5. Mempelajari Kebiasaan di Arab Saudi

 

Ada beberapa kebiasaan baik di Arab Saudi salah satunya saat adzan berkumandang, semua orang akan meninggalkan aktivitas atau pekerjaannya untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Contoh lain adalah orang Arab biasa bersuara keras dalam mengekspresikan kekuatan dan ketulusan. Mereke bersuara keras bukan karena marah namun memang sudah terbiasa seperti itu. Kemudian, wanita tidak perlu tersenyum untuk menunjukkan kesopanan disana. Karena tersenyum dapat ditafsirkan sebagai menggoda dalam budaya Arab.

 

6. Manasik

 

Calon jamaah sebelum melaksanakan ibadah haji maupun umrah disarankan untuk mengikuti manasik atau peragaan pelaksanaan ibadah yang diselenggarakan oleh biro perjalanan terlebih dahulu. Dalam manasik, kita akan belajar praktik ritual dengan kondisi mirip seperti di Tanah Suci. Kita dapat bertanya kepada pembimbing umrah tentang hal-hal yang belum kita mengerti seperti do’a, tata cara ibadah dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: 7 Tips Umrah di Musim Panas Agar Tetap Bugar

 

Itulah beberapa persiapan umrah yang perlu disiapkan jamaah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat yang sedang merencanakan perjalanan ibadah umrah. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp