Diturunkan ke Bumi, Bagaimana Bentuk Pakaian Pertama Kali NabAdam dan Hawa ?

By. Siti Rahmawati - 20 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com - Bagi umat Islam, Jabal Rahmah juga memiliki nilai sejarah penting. Sebab, di sinilah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu terakhir. Yakni, pada saat beliau menunaikan Haji Wada, atau ibadah haji terakhir.

 

 

Sumber gambar : pexels.com

 

 

Setelah kisah pelanggaran Adam dan Hawa yang memakan buah khuldi akhirnya Allah SWT menurunkan Nabi Adam AS dan Hawa ke bumi setelah sebelumnya tinggal di surga.

Kisah tinggalnya Nabi Adam AS dan Hawa di surga hingga diturunkan ke bumi disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 35-36. Allah SWT berfirman,

 

 

 

وَقُلْنَا يٰٓاٰدَمُ اسْكُنْ اَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَاۖ وَلَا تَقْرَبَا هٰذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُوْنَا مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ٣٥ فَاَزَلَّهُمَا الشَّيْطٰنُ عَنْهَا فَاَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيْهِ ۖ وَقُلْنَا اهْبِطُوْا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۚ وَلَكُمْ فِى الْاَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَّمَتَاعٌ اِلٰى حِيْنٍ ٣٦

 

"Kami berfirman, "Wahai Adam, tinggallah engkau dan istrimu di dalam surga, makanlah dengan nikmat (berbagai makanan) yang ada di sana sesukamu, dan janganlah kamu dekati pohon ini, sehingga kamu termasuk orang-orang zalim!" Lalu, setan menggelincirkan keduanya darinya sehingga keduanya dikeluarkan dari segala kenikmatan ketika keduanya ada di sana (surga). Kami berfirman, "Turunlah kamu! Sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain serta bagi kamu ada tempat tinggal dan kesenangan di bumi sampai waktu yang ditentukan."

 

Kemudian ada sejumlah riwayat yang menjelaskan mengenai pakaian yang mereka kenakan untuk pertama kalinya.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Pakaian Pertama Nabi Adam dan Hawa

 

Melansir dari detik.com Imam Ibnu Katsir mengatakan dalam Qashash Al-Anbiyaa, setelah Nabi Adam AS dan Hawa memakan buah dari pohon terlarang di surga, pakaian keduanya terlepas. Imam Ibnu Katsir tidak menjelaskan maksud pakaian dalam hal ini, apakah itu pakaian yang berwujud atau pakaian takwa sebagaimana dijelaskan Allah SWT dalam surah Al 'Araf ayat 26.

 

 

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْءٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ ٢٦

 

"Wahai anak cucu Adam, sungguh Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan bulu (sebagai bahan pakaian untuk menghias diri). (Akan tetapi,) pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu merupakan sebagian tanda-tanda (kekuasaan) Allah agar mereka selalu ingat."

 

 

 

Sejumlah pendapat meyakini Nabi Adam AS dan Hawa diturunkan ke bumi dalam keadaan tidak berbusana. Menurut Imam Ibnu Katsir, pakaian yang dikenakan Nabi Adam AS dan Hawa ketika pertama kali turun ke bumi adalah berasal dari bulu domba. Keduanya mencukur bulu domba sendiri, memintalnya sendiri, dan menenunnya sendiri.

 

Dikatakan, Nabi Adam AS membuat pakaian berupa jubah dari bulu domba itu, sementara Hawa membuat pakaian panjang dan penutup kepala.

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp