Mengenal Umrah Backpacker, Umrah Murah Ramah Dikantong Jamaah

By. Dewi Savitri - 20 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ibadah umrah atau haji kecil adalah ibadah yang menjadi alternatif pilihan umat muslim karena lamanya masa tunggu ibadah haji. Ibadah umrah sangat diminati oleh umat muslim di Indonesia maupun di seluruh dunia. Banyaknya peminat ibadah umrah di Indonesia membuat jasa travel haji dan umrah berlomba-lomba untuk menggaet dan memberangkatkan jamaah. Namun, ada sebuah inovasi unik tentang keberangkatan ibadah umrah yang kemudian disebut dengan umrah backpacker. Inovasi ini hadir karena standar biaya ibadah umrah yang memerlukan banyak persiapan itu tidak murah dan kurang dapat menjangkau kantong sebagian orang.

 

Apa itu umrah backpacker?

 

Baca Juga: Jangan Salah Pilih!! Ini Dia Tips Memilih Pakaian yang Tepat untuk Umrah

 

Umrah backpacker adalah ibadah umrah yang pelaksanaannya tidak menggunakan jasa travel sehingga biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau. Umrah backpacker menjadi opsi lain bagi para jamaah yang memiliki keberanian, pengalaman dan keterampilan untuk menjalankan ibadah umrah seorang diri.

 

Penamaan umrah backpacker diambil untuk membedakan antara umrah reguler yang diselenggarakan travel haji dan umrah dengan umrah yang dilaksanakan oleh seseorang pelaksana umrah backpacker sendiri. Cost atau biaya yang dikeluarkan untuk umrah backpaper lebih murah jika dibandingkan dengan umrah reguler. Hal ini dikarenakan oleh adanya pengurangan beberapa hal diantaranya yaitu:

 

1. Souvenir

 

Jamaah umrah biasanya akan mendapatkan souvenir berupa koper, seragam, mukena atau kain ihram dan lain sebagainya. Bagi yang memilih melaksanakan umrah sendiri atau umrah backpacker, mereka tidak akan mendapat souvenir-souvenir tersebut karena umumnya souvenir tersebut diberikan oleh travel perjalanan yang menjadi pilihan jamaah umrah.

 

2. Akomodasi

 

Akomodasi yang digunakan sesuai denga napa yang kita inginkan, misalnya ingin lebih hemat maka kita bisa memiih sebuah apartemen yang jaraknya cukup jauh dari Masjidil Haram

 

Baca Juga: Ingin Coba Pergi Umrah Sendirian? Simak Tips Berikut Agar Ibadah Tetap Nyaman

 

3. Maskapai

 

Maskapai yang digunakan adalah maskapai penerbangan transit yang harganya jauh lebih terjangkau daripada penerbangan langsung atau direct flight

 

4. Tidak Menggunakan Jasa Handling

 

Jamaah yang memilh untuk umrah backpacker dapat mengurus sendiri barang bawaannya sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk jasa handling

 

5. Tidak ada Muthawif atau Pembimbing Ibadah Umrah

 

Jamaah yang melaksanakan umrah backpacker tidak didampingi oleh muthawif, ustadz, atau pembimbing. Oleh karena itu jamaah yang memutuskan untuk melaksanakan umrah backpacker hendaknya memiliki pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah umrah.

 

Meskipun jauh lebih murah, seperti yang disebutkan diatas, pelaksanaan umrah backpacker tidak sesipmle kita berangkat ke Arab Saudi dan melaksanakan ibadah disana. Namun, pelaksanaan umrah backpacker memerlukan adanya keberanian, keterampilan serta pengetahuan yang cukup baik secara administrativ untuk mengurus dokumen, tiket, akomodasi, maupun keilmuan terkait pelaksanaan ibadah umrah itu sendiri. Selain itu, umrah backpacker tentu membutuhkan sebuah keterampilan bahasa karena bahasa merupakan kunci untuk berkomunikasi.

 

Baca Juga: Jangan Lengah!! Ini Dia Tips Belanja saat Ibadah Umrah

 

Itulah informasi tentang umrah backpacker dan keuntungannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat yang sedang merencanakan ibadah umrah. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp