Jabal Rahmah : Saksi Bersatunya Rindu Adam dan Hawa

By. Siti Rahmawati - 20 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Telah dijelaskan sebelumnya dalam Al-Quran, Adam dan Hawa diusir dari surga karena telah melanggar ketentuan Allah, yakni jangan memakan buah khuldi.

 

Tindakan Adam dan Hawa itu pun akibat keduanya terpedaya bujuk rayu iblis. Makhluk terkutuk itu telah membisikkan pikiran jahat kepada mereka dengan berkata,

 

 

فَوَسْوَسَ إِلَيْهِ ٱلشَّيْطَٰنُ قَالَ يَٰٓـَٔادَمُ هَلْ أَدُلُّكَ عَلَىٰ شَجَرَةِ ٱلْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَّا يَبْلَىٰ

Arab-Latin: Fa waswasa ilaihisy-syaiṭānu qāla yā ādamu hal adulluka 'alā syajaratil-khuldi wa mulkil lā yablā

 

 

Artinya: Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: "Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?"
 

 (QS Thaha ayat 120)

 

 

Apa yang terjadi setelah keduanya terusir dari surga? Yang jelas, mereka akhirnya diturunkan ke bumi.

 

Sumber gambar : islampos.com

 

 

Baca juga:

 

 

Para ulama dan ahli tafsir berselisih pendapat tentang dimana keduanya diturunkan ke muka bumi. Namun bersepakat jika keduanya dipertemukan kembali di tempat bernama jabal Rahmah.

 

Jabal Rahmah, yang terletak di Mina, terletak persis di tepi Padang Arafah, pinggiran timur Kota Makkah. Dianggap sebagai tempat di mana Nabi Adam dan Hawa dipertemukan kembali setelah mereka terpisah akibat pengusiran mereka dari surga.

 

 

Setelah Nabi Adam dan Hawa diusir dari surga, mereka berkeliaran di bumi mencari satu sama lain dalam kesedihan dan penyesalan. Akhirnya, mereka bertemu di Jabal Rahmah

Sesuai namanya, Jabal berarti bukit, sementara Rahmah adalah kasih sayang, yang diterjemahkan sebagai "Bukit Kasih Sayang" atau "Bukit Rahmat". Tempat ini diyakini sebagai tempat pertemuan mereka yang penuh dengan cinta dan pengampunan.

 

 

Di puncak Jabal Rahmah, kini telah dibangun monumen dari beton yang tingginya mencapai delapan meter, lebar sekitar 1,8 meter. Dibangun juga sebanyak 168 anak tangga untuk memudahkan mendaki ke puncak.

 

Pertemuan mereka di Jabal Rahmah diyakini sebagai momen penting dalam kisah mereka, di mana mereka saling memaafkan dan berjanji untuk hidup bersama dan memperbaiki kesalahan masa lalu. Tempat ini dianggap sebagai simbol pengampunan, penyelesaian konflik, dan kasih sayang antara suami dan istri.

 

 

Jabal Rahmah juga memiliki arti penting dalam konteks ibadah haji. Selama ibadah haji, jemaah haji melakukan wukuf di Bukit Arafah, yang terletak di dekat Jabal Rahmah. Wukuf di Bukit Arafah adalah salah satu rukun haji yang penting, di mana para jemaah haji berdiri di sana untuk berdoa dan memohon ampunan Allah. Oleh karena itu, Jabal Rahmah dan Bukit Arafah secara simbolis dihubungkan dengan permohonan pengampunan dan rahmat Allah.

 

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp