Miliki Nama Lain dalam Al-Qur'an, Ini Dia 5 Fakta Menarik Kota Makkah

By. Dewi Savitri - 20 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Kota Makkah merupakan sebuah kota utama di Arab Saudi. Kota ini menjadi tujuan utam akaum muslimin dalam menunaikan ibadah haji dan umrah. Ada sebuah bangunan utama di Kota Makkah yang bernama Masjidil Haram dimana didalam Masjidil Haram tersebut terdapat kiblat untuk ibadah semua umat muslim diseluruh dunia. Bangunan itu adalah Ka’bah. Kota ini merupakan tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW dan merupakan kota suci bagi umat islam.

 

Baca Juga: Jangan Takut Tersesat Saat Ibadah Haji, Baca Sholawat Ini dan Temukan Jalan Pulang

 

Kota Makkah memiliki sejarah panjang perkembangan Islam di dunia. Selain itu Kota Makkah juga merupakan kota yang memiliki banyak keistimewaan. Beberapa keistimewaan Kota Makkah yaitu sebagai berikut:

 

1. Memiliki Nama Lain yang disebutkan dalam Al-Qur’an

 

Kota Makkah memiliki beberapa nama lain atau julukan yang disebutkan didalam Al-Qur’an. Allah SWT menyebut kota ini dengan nama-nama yang mahsyur seperti Ummul Qura yang berarti pusat kota. Kota Makkah disebut sebagai Ummul Qura karena menjadi kota yang paling padat kegiatannya. Allah SWT berfirman dalam QS. As-Syura Ayat 7:

 

وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لِتُنْذِرَ أُمَّ الْقُرَى وَمَنْ حَوْلَهَا

 

Artinya: “Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya.” (QS. As Syura: 7)

 

Selain itu, Al-Qur’an juga disebut sebagai Al-Balad Al-Amin (kota yang aman) dalam QS. At-Tin Ayat 3:

 

وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِينِ

 

Artinya: “Demi al-Balad al-Amin ini (Mekkah).” (QS. At Tin: 3)

 

Kemudian Al-Qur’an juga disebut sebagai Ma’ad (tempat kembali) dalam QS. Al-Qashas Ayat 85:

 

إِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادٍ

 

Artinya: ”Sesungguhnya Dzat yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al Quran, benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali.” (QS. Al Qashas: 85)

 

2. Tempat Ka’bah

 

Makkah menjadi satu-satunya kota yang menjadi tempat pelaksanaan ibadah haji oleh umat muslim diseluruh dunia. Disini terdapat Ka’bah, sebuah bangunan kubus yang istimewa dimana bangunan ini menjadi kiblat seluruh umat muslim di dunia beribadah. Selain itu jamaah haji dari seluruh dunia datang kemari dan berhasil di akomodir dengan baik oleh pemerintah Arab Saudi tentunya atas bantuan dan izin dari Allah SWT. Selama ini selain di Makkah pada musim haji, tidak ada satupun kota di bumi yang dikunjungi oleh wisatawan sebanyak itu dalam satu waktu selain Kota Makkah di musim haji.

 

Baca Juga: Sedang Berhaji atau Berumroh? Berikut Doa - Doa yang Utama Dibaca di Kota Makkah

 

Allah SWT berfirman dalam QS. Ali Imran Ayat 96:

 

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ

 

Artinya: Sesungguhnya rumah yang pertama kali dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah)… (QS. Ali Imran: 96)

 

3. Letak Geografis

 

Secara geografis, Kota Makkah berada di sebelah barat negara Kerajaan Arab Saudi. Kota Makkah berjarak sekitar 600 kilometer sebelah selatan Kota Madinah, dan kurang lebih berjarak sekitar 200 kilometer di sebelah Timur Laut Kota Jeddah. Kota ini dikelilinbgi gunung-gunung dengan bangunan Ka’bah sebagai pusatnya. Selain itu terdapat dua gunung yang juga mengelilingi Kota Makkah yaitu Gunung Abu Qubais dan Gunung Qa’qa’an.

 

4. Tempat Pertemuan Manusia Pertama di Bumi

 

Bukit Jabbal Rahmah merupakan salah satu tempat bersejarah di Kota Makkah. Bukit ini merupakan tempat bertemunya manusia pertama di bumi yaitu Nabi Adam dan Siti Hawa. Bukit Jabbal Rahmah merupakan bukit batu ditengah tanah gersang khas Timur Tengah yang terletak ditepi Padang Arafah, sebelah Timur Kota Makkah.

 

5. Terlindung dari Dajjal di Akhir Zaman

 

Allah melindungi Kota Makkah dari serangan manusia dan juga dari masuknya Dajjal di akhir zaman. Dajjal merupakan makhluk Allah yang akan membuat kekacauan, dan kerusakan. Dajjal akan menyebarkan fitnah-fitnah besar dan menipu umat muslim agar murtad dari agamanya sebelum hari kiamat kelak.

 

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

“Tidak ada satupun negeri kecuali akan diinjak Dajjal. Kecuali Mekah dan madinah. Tidak satupun lorong menuju kota tersebut, kecuali di sana terdapat para Malaikat yang berbaris, menjaga kota tersebut.” (HR. Bukhari no. 1881).

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Masih banyak keistimewaan Kota Makkah yang belum disebutkan disini, namun itulah beberapa keistimewaan Kota Makkah yang kami rangkum khusus untuk Sobat Batemuri semua. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat yang membaca. 

 

Baca Juga: Pernah Berwarna Putih, Merah Hingga Hijau, Berikut Sejarah Kain Kiswah Penutup Ka'bah

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat semua, selamat beristirahat!! Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp