Hindari 4 Kesalahan Ini Kalau Kamu Mau Umrah Tanpa Kendala

By. Dewi Savitri - 21 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Umrah secara bahasa memiliki arti berkunjung ke suatu tempat. Secara istilah umrah berarti melakukan serangkaian ibadah yang terdiri dari thawaf, sa’i, dan diakhiri dengan tahalul. Umrah adalah ibadah sunnah yang banyak diminati oleh masyarakat muslim, salah satu alasannya adalah karena pelaksanaan ibadah umrah tidak terikat oleh waktu dan lebih fleksibel.

 

Baca Juga: Ingin Coba Pergi Umrah Sendirian? Simak Tips Berikut Agar Ibadah Tetap Nyaman

 

Umrah diminati bukan hanya oleh kalangan usia lanjut namun juga oleh para generasi muda. Selain karena waiting list atau masa tunggu ibadah haji lama, biaya untuk melaksanakan ibadah umrah juga menjadi pertimbangan ibadah umrah diminati oleh masyarakat muslim termasuk di Indonesia. Tidak jarang umrah dilaksanakan oleh umat muslim yang sedang dalam masa waiting list haji untuk mengenali medan dan tata cara ibadah sebagai salah satu rangkaian persiapan ibadah haji agar saat tiba waktunya nanti ibadah haji yang ia laksanakan terlaksana secara sempurna.

 

Meskipun umrah adalah ibadah sunnah namun tetap memerlukan persiapan yang matang. Untuk itu, penting bagi calon jamaah mengetahui segala hal tentang umrah sebelum berangkat. Biasanya ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan calon jamaah saat mempersiapkan ibadah umrah dipengalaman pertamanya. Apa saja kesalahan tersebut?

 

Berikut adalah beberapa kesalahan calon jamaah saat akan melakukan ibadah umrah pertama kali:

 

1. Tidak Cek Musim dan Perkiraan Cuaca di Arab Saudi

 

Melakukan perjalanan di luar negeri membuat kita harus melakuka riset terlebih dahulu terutama tentang musim dan cuaca di negara tujuan. Tujuannya, agar kita bisa menyesuaikan persiapan-persiapan serta barang bawaan ke negara tujuan.

 

Jangan sampai salah membawa persiapan seperti pakaian dan obat-obatan akhirnya membuat kamu harus sedikit kesusahan disana. Salah kostum di negara yang memiliki perbedaan cuaca ekstrem dapat berakibat pada kesehatan dan kondisi tubuh seseorang yang akhirnya membuat perjalanan ibadahmu menjadi kurang maksimal.

 

Oleh karena itu mencari tau musim dan perkiraan cuaca sangat penting dilakukan. Pencarian informasi tentang musim dan perkiraan cuaca akan memudahkan kita untuk mempersiapkan segala kebutuhan termasuk pakaian saat beribadah disana.

 

2. Tidak Memperhatikan Kesehatan Mental dan Fisik

 

Calon jamaah haji maupun umrah tidak boleh mengabaikan kesehatan baik fisik maupun mental. Ibadah haji dan umrah memerlukan adanya kekuatan fisik dan mental yang kuat karena disana kita akan beribadah dengan intensitas yang cukup sering. Jika fisik dan mental kita tidak siap, kita bisa saja menjadi tidak fokus untuk beribadah dan malah memilih untuk beristirahat di hotel bukan ke Masjidil Haram.

 

Agar kondisi fisik dan mental kita kuat dan mendukung setiap proses ibadah di Tanah Suci, berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebelum berangkat umrah:

 

  1. Olahraga teratur
  2. Memakan makanan bergizi
  3. Mempersiapkan mental dan menghilangkan perasaan serta pikiran negatif yang dapat mengganggu konsentrasi ibadah
  4. Teguhkan niat untuk beribadah kepada Allah SWT

 

Baca Juga: Dijamin Aman!! Tips Sa'i bagi Jamaah Haji Lansia dan Risti

 

3. Tidak Mencari Tau Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

 

Setiap tempat yang kita pijak pasti memiliki peraturan-peraturan baik tertulis maupun tidak. Termasuk di Arab Saudi yang menjadi lokasi tujuan beribadah umrah. penting untuk mencari tau terlebih dulu tentang hal-hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan disana sebelum kita berangkat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan saat beribadah umrah:

 

  1. Disunnahkan untuk mandi besar atau mandi junub
  2. Meminum air zam-zam
  3. Mencukur rambut

 

Lalu apa saja yang tidak boleh dilakukan selama menjalankan ibadah umrah? Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat ibadah umrah:

 

  1. Mengambil rambut
  2. Menggunakan wewangian
  3. Memotong kuku
  4. Berburu

 

4. Tidak Melakukan Riset pada Travel Agen

 

Selain kesalahan yang dilakukan untuk mempersiapkan diri untuk beribadah disana, calon jamaah juga tidak jarang melakukan kesalahan dalam memilih travel agen haji dan umrah. Agar tidak melakukan kesalahan, dan tertipu travel agen haji dan umrah yang tidak bertanggung jawab pastikan beberapa hal berikut sebelum memilih travel agen:

 

  1. Pastikan travel agen sudah terdaftar resmi di Kementerian Agama
  2. Pastikan jadwal keberangkatan dan itinerary yang jelas
  3. Pastikan agen travel memiliki riwayat yang jelas dan terpercaya

 

Baca Juga: Tahan Emosi!! Ini Dia 5 Tips Mengendalikan Amarah dalam Islam

 

Itulah 4 kesalahan yang sering dilakukan jamaah ketika mempersiapkan ibadah umrah pertama kali. Jika kamu bingung memilih paket dan travel haji umrah terpercaya, Batemuri Tour & Travel hadir untuk menjawab kebingunanmu dan memberikan solusi disetiap perjalanan ibadahmu. Cek website kami di www.batemuritour.com untuk melihat berbagai paket umrah yang tersedia.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp