Siapkan 7 Hal Ini untuk Umrah Backpacker, Dijamin Aman dan Lancar

By. Dewi Savitri - 21 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Jika kamu adalah seseorang yang lebih senang untuk berpergian seorang diri mungkin umrah backpacker adalah jawaban yang pas untuk menjawab kegelisahanmu. Umrah merupakan salah satu ibadah yang dapat membuatmu lebih dekat dengan Allah SWT. Namun, biasanya ibadah umrah dilakukan dengan kelompok tour yang kebanyakan dari kelompok tersebut adalah orang-orang yang belum pernah kamu temui sebelumnya.

 

Baca Juga: Baru Pertama Kali? Ini Dia 6 Persiapan Umrah yang Harus Kamu Lakukan

 

Jika kamu menginginkan sebuah ketenangan dan lebih nyaman untuk beribadah seorang diri maka kamu bisa melakukan perjalanan ibadah umrah dengan cara backpacker. Umrah backpacker adalah umrah yang pada proses pelaksanaannya tidak diatur oleh travel agen haji dan umrah. Segala persiapan dan kelengkapan administrasi serta kebutuhan selama di Tanah Suci disiapkan oleh dirimu sendiri disini. Menarik bukan? Lalu apa saja persiapan yang dibutuhkan untuk melaksanakan umrah backpacker?

 

Berikut adalah beberapa persiapan untuk umrah backpacker:

 

1. Pakaian Selama di Tanah Suci

 

Jangan lupa untuk membawa pakaian Ihram untuk beribadah serta beberapa pakaian yang cukup dan sesuai dengan kebutuhanmu selama beribadah disana. Siapkan pakaian yang sopan dan menutup aurat serta sesuaikan pakaian dengan kondisi lokasi tujuan.

 

2. Paspor

 

Paspor merupakan dokumen penting untuk berpergian ke luar negeri, maka persiapkan paspor dari jauh-jauh hari. Jika suda memiliki paspor, periksalah kembali masa berlaku paspormu. Pastikan masa berlaku paspormu tidak kurang dari tujuh bulan.

 

3. Visa Umrah

 

Visa umrah adalah dokumen penting lain yang harus disiapkan calon jamaah umrah. Tidak mudah bagi seseorang untuk mendapatkan visa umrah, maka dari itu kamu bisa bekerja sama dengan agen travel haji dan umrah yang berizin resmi untuk mendapatkan visa umrah.

 

Baca Juga: Mengenal Umrah Backpacker, Umrah Murah Ramah Dikantong Jamaah

 

4. Surat Mahram

 

Bagi para calon jamaah wanita, saat mengurus visa umrah akan ditanyai perihal mahram (suami/pendaming) selama berada di Tanah Suci. Jika belum memiliki suami atau tidak mempunyai mahram, maka kamu membutuhkan surat mahram yang bisa kamu dapatkan pada travel agen atau penyedia visa tersebut.

 

5. Tiket Pesawat

 

Cari tiket pesawat yang sesuai dengan preferensimu. Jika ingin mendapat tiket dengan harga terjangkau, maka pesanlah tiket pesawat dalam kurun waktu 6 hingga 12 bulan sebelum keberangkatan. Kamu bisa juga memesan tiket pesawat pada saat low season di bulan Februari hingga April untuk mendapatkan harga terbaik.

 

6. Akomodasi dan Transportasi

 

Kamu juga perlu menyiapkan akomodasi dan transportasi sendiri selama berada di Arab Saudi. Arab Saudi memiliki peraturan Land Arrangement, yaitu sebuah layanan akomodasi dan transportasi bagi jamaah yang memilih menjalankan ibadah umrah dengan cara backpaper selama di Tanah Suci mulai dari penjemputan hingga kepulangan jamaah ke Tanah Air.

 

7. Vaksin Meningitis

 

Vaksin meningitis merupakan bagian yang sangat penting saat akan menjalankan ibadah umrah agar terlindungi dari bahaya penyakit meningitis meningokukus yang dapat mengancam kesehatan dan bahkan menyebabkan kematian karena infeksi yang menyebar ke otak. Layanan vaksin meningitis tersedia di Kantor Kesehatan Pelabuhan atau di fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI.

 

Setelah melakukan vaksinasi, kamu akan mendapat sertifikat internasional atau biasa dikenal dengan sebutan kartu kuning. Sertifikasi ini menjadi salah satu dokumen yang diwajibkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi untuk mendapat visa.

 

Baca Juga: 4 Persiapan Jamaah Haji Lansia Agar Ibadah Tetap Bugar

 

Itulah beberapa persiapan untuk umrah backpacker. Jika umrah backpacker menjadi pilihanmu untuk beribadah maka persiapkan juga kesehatan fisik, mental serta keterampilan bahasa asing seperti Bahasa Arab dan Inggris karena bahasa merupakan alat dan kunci untuk berkomunikasi.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp