Wukuf di Arafah 27 Juni 2023, Perhatikan Hal-hal Penting Berikut !

By. Siti Rahmawati - 22 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Wukuf merupakan rukun haji yang harus dilakukan seluruh jemaah haji. Jika tidak mengerjakan wukuf di Arafah, artinya tidak mengerjakan haji.

 

Padang Arafah merupakan kawasan yang sangat luas tempat bertemunya Nabi Adam AS dengan Siti Hawa selama kurang lebih 350 tahun setelah menerima sangsi diturunkan dari surga. Tepatnya di Jabal Rahmah, Nabi Adam AS dan Siti Hawa dipertemukan.

 

 

Sumber gambar : detik.com

 

 

Prosesi ini wajib dilaksanakan oleh setiap jemaah yang menginginkan hajinya mabrur, karena wukuf di Arafah termasuk rukun haji yang tidak boleh diganti oleh amalan apa pun.

 

Jemaah sakit sekalipun harus disafari wukufkan (berdiam sejenak di bumi Arafah). Jemaah haji Indonesia yang menggunakan pakaian ihram mulai meninggalkan Kota Makkah manuju padang Arafah, wukuf (berdiam) pada tanggal 9 Zulhijah sampai terbenam matahari.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Ada beberapa tata cara yang dilakukan saat wukuf. Tata cara wukuf, yaitu dimulai dengan mendengarkan khotbah wukuf, dilakukan dengan shalat jama’ taqdim, dapat dilakukan berjamaah atau sendirian. Saat wukuf juga disarankan memperbanyak istighfar, zikir, dan doa.

 

Diperbolehkan wukuf dalam keadaan tidak suci dari hadas besar atau kecil, wanita yang sedang nifas atau haid boleh melakukan wukuf, dan mensafariwukufkan bisa dilakukan kepada jemaah yang sedang sakit.

Ada beberapa tata cara yang dilakukan saat wukuf. Tata cara wukuf, yaitu dimulai dengan mendengarkan khotbah wukuf, dilakukan dengan shalat jama’ taqdim, dapat dilakukan berjamaah atau sendirian. Saat wukuf juga disarankan memperbanyak istighfar,zikir, dan doa.

 

 

Hal penting yang perlu diperhatikan agar saat pelaksanaan ibadah Armuzna pada tanggal 9-13 Dzulhijjah nanti, para jemaah haji harus selalu menjaga keselamatan dan kesehatannya dengan cara memperhatikan dan melakukan hal-hal sebagai berikut:

 

1. Makan teratur agar tubuh bertenaga dan tidak mudah sakit. Perbanyak makan buah dan sayur.

2. Sering minum, tidak menunggu haus. Saat Armuzna suhu di Makkah diperkirakan makin panas. Waspadai risiko kekurangan cairan/dehidrasi dan heat stroke.

3. Kurangi aktivitas fisik yang tidak perlu. Simpan tenaga untuk menyelesaikan Armuzna.

4. Kurangi aktivitas di luar tenda saat Armuzna.

5. Bawa obat-obatan pribadi dan mengonsumsinya secara teratur sesuai anjuran dokter.

6. Konsultasikan kesehatan ke petugas kesehatan terutama bagi jemaah berisiko tinggi sebelum berangkat ke Armuzna.

 

 

7. Bawa dan konsumsi minuman oralit saat di Armuzna dan tidak merokok.

8. Peduli dan saling menjaga antar jemaah minimal yang sekamar atau seregu. Berangkat dan pulang bersama-sama.

9. Membawa pisau cukur sendiri dan tidak dipinjamkan atau meminjam milik orang lain.

10. Pilih rute melempar jamarat yang aman dan sudah direkomendasikan oleh petugas haji Indonesia yaitu rute yang melalui tenda-tenda jemaah Indonesia dan masuk melalui terowongan. Di jalur tersebut tersebar petugas dan pos kesehatan, sedangkan jalur lainnya tidak ada perlindungan petugas atau pos kesehatan sehingga berbahaya jika dilewati jemaah Indonesia.

11. Tidak memaksakan diri melempar jamarat ketika kondisi kesehatan tidak memungkinkan.

12. Melontar jamarat mengikuti waktu yang sudah ditentukan oleh pemerintah Arab Saudi. Untuk jemaah Indonesia waktu melontar yang disarankan untuk tanggal 10 Zulhijah yaitu setelah Asar atau setelah Magrib dan pada tanggal 11 Zulhijah setelah Subuh. Jika melontar di waktu selain itu akan berisiko terpapar suhu yang sangat panas dan berdesakan dengan jemaah dari negara lain yang postur tubuhnya lebih besar dari jemaah Indonesia.

13. Hati-hati jika menggunakan tangga berjalan atau eskalator di area jamarat karena curam. Angkat pakaian di atas mata kaki untuk menghindari terinjak atau terbelit di eskalator.

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp