3 Rekomendasi Tabungan Haji Terbaik, Apa Saja Keuntungannya?

By. Dewi Savitri - 22 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Tabungan haji adalah tabungan yang dikhususkan untuk mempersiapkan dana perjalanan ibadah haji. Tabungan haji mirip dengan tabungan jangka panjang dimana dana tabungan yang kamu setorkan tidak bisa diambil sebelum batas waktu yang ditentukan hingga terkumpul sejumlah biaya haji yang berlaku. Untuk kepentingan mendesak, nasabah dapat mengalihkan tabungan mereka dengan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh bank. Selain itu biasanya saat pengalihan uang dari rekening tabungan haji ke tabungan biasa sebelum masanya, nasabah akan dikenakan penalti sebagai sanksi atau denda.

 

Baca Juga: 5 Tips Menabung Ini Bisa Bantu Kamu Siapkan Perjalanan Ibadah Umrah

 

Mempersiapkan dana haji memang gampang-gampang susah. Saat ini sudah banyak bank-bank besar dan terpercaya di Indonesia mulai dari bank BUMN hingga swasta yang membuka layanan tabungan haji. Kami sudah merangkum beberapa bank terbaik untuk mempersiapkan tabungan haji yang dapat sobat pilih.

 

Berikut adalah beberapa rekomendasi bank terbaik untuk menabung biaya haji:

 

1. Tabungan Haji Bank BSI

 

BSI atau Bank Syariah Indonesia adalah gabungan dari 3 bank syariah milih pemerintah sebelumnya yaitu Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah. Produk tabungan ini tersedia dalam pilihan kurs Rupiah atau USD (Dollar Amerika). Untuk membuka tabungan ini kamu hanya perlu memenuhi beberapa syarat yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), menyertakan dokumen KTP dan NPWP. Produk ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang tua saja namun produk ini juga terbuka bagi anak dengan catatan usia nasabah perorangan mulai dari 17 tahun keatas.

 

Lalu bagaimana dengan tarif dan biaya yang dibutuhkan untuk memiliki tabungan ini?

 

Tabungan ini gratis biaya administrasi bulanan. Selain itu tidak ada biaya standing instruction yang bertujuan untuk membuat nasabah tetap disiplin dalam menabung disetiap bulannya. Ada beberapa keuntungan memiliki tabungan haji BSI yaitu adanya fasilitas notifikasi saat saldo cukup untuk didaftarkan porsi haji serta tabungan ini sudah terintegrasi secara online dengan SISKOHAT Kementerian Agama.

 

2. Tabungan Haji Bank BTN Syariah

 

Selain BSI, kamu juga bisa mempertimbankan untuk membuka tabungan haji di Bank BTN Syariah. Akad dari tabungan ini adalah kerjasama antara dua pihak dengan keuntungan dan kerugian yang akan dibagi menurut nisbah yang telah disepakati diawal.

 

Berapa tarif dan biaya tabungan haji ini perbulan? Ada beberapa poin yang harus kamu ketahui sebelum membuka tabungan haji BTN Syariah yaitu sebagai berikut:

 

Baca Juga: Berikut Langkah-langkah Membuka Tabungan Haji

 

  1. Setoran awal sebesar Rp100.000 Rupiah
  2. Minimal setoran berikutnya adalah Rp100.000 Rupiah
  3. Saldo minimum yang mengendap di rekening sebesar Rp100.000 Rupiah
  4. Gratis biaya administrasi
  5. Biaya penutupan rekening sebesar Rp25.000 Rupiah

 

3. Tabungan Haji Muamalat

 

Tabungan Haji Muamalat adalah salah satu opsi yang bisa kamu pilih sebagai sarana menabung biaya ibadahmu. Tabungan ini merupakan tabungan iB Hijrah Haji dari Bank Muamalat yang terintegrasi dengan SISKOHAT Kementerian Agama Republik Indonesia.

 

Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat dari tabungan ini?

 

Tidak jauh berbeda dengan produk tabungan dengan bank syariah pada umumnya, tabungan Muamalat ini juga hadir dengan berbagai keuntungan antara lain:

 

  1. Terintegrasi dengan SISKOHAT Kementerian Agama Indonesia
  2. Nasabah memiliki kebebasan untuk menentukan tahun keberangkatan ibadah haji dan besaran setorannya
  3. Dikelola dengan sistem syariah dan tidak ada biaya autodebet
  4. Nasabah bisa melakukan penyetoran melalui teller, e-banking, atau transfer terjadwal
  5. Adanya kesempatan pergi umrah gratis melalui program rezeki hjai berkah dengan perlengkapan haji ekslusif.

 

Baca Juga: 7 Skincare Bantu Rawat Kulitmu Saat Umrah, Boleh Dibawa?

 

Selain itu terdapat keuntungan lain yang bisa kamu dapat dari tabungan ini terkait dengan biaya-biaya dan setoran antara lain:

 

  1. Tidak ada batasan biaya setoran awal dan setoran minimal
  2. Jika buku tabungan hilang atau rusak, kamu bisa menggantinya dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu sebesar Rp10.000 Rupiah
  3. Biaya penutupan rekening gratis

 

Itulah beberapa bank terbaik yang bisa kamu rekomendasikan untuk Sibat membuka tabungan haji. Berapapun nominalnya, dengan menabung Sobat pasti bisa mewujudkan impian untuk berangkat ke Tanah Suci dan menunaikan ibadah rukun islam terakhir tersebut. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp