Dapatkan Pahala Haji, Ini Dia 3 Waktu Terbaik Tunaikan Ibadah Umrah

By. Dewi Savitri - 22 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Melaksanakan ibadah umrah adalah sebuah pilihan yang tepat untuk masyarakat mulsim Indonesia yang mungkin sedang menunggu waiting list pergi haji. Hal ini dikarenakan ibadah umrah tidak memerlukan adanya waiting list atau antrean dari pemerintah Indonesia. Selain itu, biaya ibadah umrah juga tidak semahal ibadah haji khusus yang memiliki waiting list lebih singkat daripada haji reguler.

 

Baca Juga: 9 Tips Umrah Saat Bulan Ramadhan, Jaga Tubuh Tetap Fit Agar Ibadah Tetap Nyaman

 

Ibadah haji dan umrah dilaksanakan di Arab Saudi. Meskipun umrah dapat dilakukan kapan saja, namun melalui berbagai pertimbangan seperti cuaca dan musim umrah, ada beberapa waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umrah. Bahkan, disalah satu waktu pahala ibadah umrah yang didapat hampir serupa dengan pahala ibadah haji.

 

Berikut adalah beberapa waktu terbaik pergi umrah yang kami rangkum dari beberapa sumber:

 

1. Bulan Ramadhan

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang memiliki banyak keistimewaan dalam agama Islam. Salah satunya adalah pada bulan ini segala amal kebaikan yang dilakukan akan mendapat balasan pahala berkali-kali lipat. Umrah di bulan Ramadhan menjadi incaran banyak umat muslim di dunia termasuk di Indonesia.

 

Melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadhan akan memberikan pengalaman spiritual yang mengesankan. Pasalnya, pada waktu ini jamaah akan merasakan pengalaman menjalankan puasa Ramadhan yang berbeda di Tanah Suci. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa:

 

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

2. Bulan Maret-Mei

 

Baca Juga: Umrah di Bulan Syawal? Ini Dia Keistimewaannya

 

Indonesia dengan Arab Saudi memiliki iklim yang sangat berbeda. Disana ada dua musim yang sangat bertolak belakang yaitu musim panas dan dingin. Mengapa bertolak belakang? Sebab saat sedang dalam masa musim panas, suhu di Tanah Suci bisa mencapai 45 derajat celcius. Sedangkan, saat musim dingin atau hujan, suhu disana bisa melebihi minus 3 derajat celcius.

 

Musim panas di Tanah Suci biasanya berlangsung di bulan Maret hingga Agustus. Sementara musim dingin biasanya berlangsung pada bulan September hingga Februari. Meskipun demikian, Sobat tidak perlu khawatir sebab di bulan Maret hingga Mei, cuaca di Tanah Suci tidak terlalu panas ataupun dingin. Sehingga bulan-bulan ini menjadi salah satu waktu terbaik untuk Sobat melaksanakan ibadah umrah agar ibadah tetap nyaman dan tidak terganggu dengan musim yang cukup ekstrem.

 

3. Menjelang dan Setelah Musim Haji

 

Keadaan Tanah Suci biasanya akan lebih lenggang saat memasuki bulan Syawal dan saat berakhirnya musim haji. Sobat dapat memanfaatkan momen ini untuk menunaikan ibadah umrah agar sobat dapat menjalankan ibadah dengan lebih khusyu dan nyaman tanpa berdesak-desakan dengan jamaah lain. Selain itu, dengan suasana yang lebih kondusif ini, sobat bisa sedikit lebih leluasa untuk berdo’a di tempat-tempat mustajab seperti Maqam Ibrahim dan Hijr Ismail.

 

Itulah beberapa waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umrah. Tentukan waktu terbaik untuk ibadahmu dari sekarang, jika Sobat sedang mencari travel agen haji dan umrah terpercaya jangan ragu untuk bergabung bersama kami di Batemuri Tours & Travel. Hubungi kami melalui website www.batemuritour.com untuk informasi lebih lanjut.

 

Baca Juga: Mengenal Maqam Ibrahim, Jejak Kaki Nabi Ibrahim

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp