5 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW, Sudah Coba yang Mana??

By. Dewi Savitri - 23 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Nabi Muhammad SAW adalah panutan manusia terutama bagi umat muslim di dunia. Semasa hidupnya Nabi Muhammad jarang sakit karena memiliki gaya hidup yang sehat. Seperti apasih gaya hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW?

 

Baca Juga: Apa Itu Siwak? Berikut adalah Tata Cara Bersiwak Menurut Islam

 

Berikut adalah tips hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW:

 

1. Puasa

 

Rasulullah SAW sering melakukan puasa disepanjang hidupnya. Didalam sebuah riwayat telah dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain sebagai ibadah, puasa juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Bahkan, beberapa penyakit berbahaya seperti jantung, hipertensi, diabetes dan kanker dapat dicegah dan disembuhkan dengan berpuasa.

 

2. Menjaga Pola Makan

 

Rasulullah SAW mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu di pagi hari. Kemudian, saat memasuki waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa.

 

Dalam dunia kesehatan, madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan salah satunya adalah untuk menetralisir racun. Selain itu, Rasulullah SAW juga sering mengonsumsi minyak zaitun pada waktu siang menuju sore hari. Sedangkan di malam hari, Rasulullah SAW mengonsumsi sayur-sayuran segar yang kaya nutrisi dan kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubu. Setelah makan Rasulullah tidak langsung tidur melainkan beliau beraktivitas seperti sholat seperti sholat agar makanan yang dimakan bisa tercerna secara optimal.

 

3. Rutin Berolahraga

 

Dalam sebuah riwayat diketahui bahwa Rasulullah SAW gemar berolahraga seperti berkuda, memanah, dan berenang. Hal itu menunjukkan bahwa tubuh Rasulullah SAW tidak hanya sehat namun juga kuat. Selain itu Rasulullah SAW juga pandai dalam memanah dan bahkan gulat.

 

Baca Juga: Amirul Hajj dan Tugasnya, Ini Dia Pemimpin Misi Haji Indonesia

 

4. Berbekam

 

Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

“Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhori)

 

5. Silaturrahim

 

Rasulullah adalah pribadi yang suka bersilaturrahim dengan para sahabat dan tetangganya. Bersosialisasi adalah salah satu tips menjaga kesehatan yang patut kita tiru pada saat ini.

 

 

Masih banyak lagi gaya hidup sehat ala Rasulullah yang lain namun, beberapa gaya hidup Rasulullah diatas adalah beberapa yang paling simple dan mudah yang bis akita terapkan di kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk hidup sehat agar memiliki jiwa yang kuat. Selamat beristirahat!!

 

Baca Juga: Bukhur dalam Islam, Apa Hukumnya?

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp