Tour Leader dan Tour Guide, Apa Bedanya??

By. Dewi Savitri - 26 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Di dunia travel terdapat berbagai profesi salah satunya adalah tour leader. Tour leader biasanya ada dalam perjalanan jarak jauh seperti ke luar negeri. Apa itu Tour Leader?

 

Baca Juga: 3 Cara Menjadi Muthawif Profesional yang Baik, Sudah Ada Di Kamu?

 

Tour leader adalah seseorang yang ditugaskan untuk memimpin perjalanan wisata selama beberapa hari dengan grup wisatawan atau tamu yang sama. Aktivitas tour leader atau dikenal juga dengan sebutan pramuwisata lebih banyak mengelola keperluan para wisatawan seperti memberi panduan umum dan bantuan terkait keperluan wisata. Secara umum tour leader dituntut agar serba bisa seperti memberikan komentar tentang pemandangan, menangani urusan logistik, membawa grup ke tempat yang mereka inginkan, dan mengatur penggunaan transportasi selama wisata.

 

Lalu apakah tour leader sama dengan tour guide? Jawabannya, tentu tidak. Meskipun pekerjaan ini berada di dunia yang sama, namun tour leader dengan tour guide memiliki beberapa perbedaan antara lain:

 

1. Tugas dan Waktu Kerja

 

Umumnya, tour leader terikat dengan wisatawan selama periode wisata yang ditentukan. Sedangkan tour guide hanya memandu wisatawan yang menjadi tamunya selama berada di sebuah tempat wisata.

 

2. Teknis Kerja

 

Dari segi teknis, seorang tour leader akan lebih sering berinteraksi dengan grup wisatawan yang dipimpinnya. Misalnya sebelum keberangkatan, seorang tour leader akan memastikan kelengkapan anggota rombongan, kemudian melakukan briefing mengenai agenda dan menjelaskan tentang lokasi wisata yang akan dituju. Sedangkan tour guide akan mulai bekerja ketika sudah bertemu dengan grup wisatawan yang menjadi tamunya. Seorang tour guide akan menuntun grupnya untuk berkeliling melihat tempat-tempat terbaik di lokasi wisata sambil memberi penjelasan tentang sejarah atau informasi penting lain mengenai lokasi wisata tersebut. Tour guide akan tetap bersama tamu dari awal masuk hingga keluar tempat wisata tujuannya.

 

3. Tanggung Jawab

 

Baca Juga: Asuransi Jamaah Haji & Ketentuannya, Bagaimana Cara Klaimnya?

 

Tour leader memiliki tanggung jawab yang lebih besar jika dibandingkan dengan tour guide. Tour leader memiliki tugas utama untuk memberikan pelayanan terbaik pada tamu selama mereka berwisata. Termasuk juga dalam hal menyusun agenda aktivitas, mengatur jumlah penumpang untuk bertransportasi ke tempat wisata, hingga memastikan tidak ada anggota grup yang tertinggal.

 

Sedangkan, seorang tour guide bertanggung jawab terhadap pelayanan  yang diberikannya di tempat wisata. Hal ini bergantung pada penjelasan dan pemberian informasi tentang tempat wisata yang harus mereka jelaskan pada para wisatawan.

 

Lalu apa saja tugas seorang tour leader? Berikut adalah tugas seorang tour leader:

 

  1. Mengkoordinasikan akomodasi, penerbangan, dan transportasi untuk perjalanan rombongan.
  2. Berkoordinasi dengan pihak travel untuk memastikan kelancaran operasional tur, seperti supir bus dan lainnya.
  3. Memiliki pengetahuan rinci tentang hotel, tempat wisata, restoran, transportasi, suvenir, dan harga di daerah atau negara yang ingin dikunjungi.
  4. Memiliki sumber informasi dan kontak bantuan di lokasi wisata.
  5. Memberitahu wisatawan tentang restoran yang sesuai  dan persyaratan transportasi tambahan. 
  6. Berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai keselamatan, pemulihan bencana, dan prosedur evakuasi.
  7. Memantau keselamatan dan keamanan anggota dalam kelompok wisata.
  8. Memberikan informasi tentang pengaturan logistik.
  9. Memberikan informasi tentang tujuan wisata.
  10. Berikan briefing tur kepada rombongan wisatawan.
  11. Menanggapi keadaan darurat dan situasi tak terduga selama tur.
  12. Menanggapi keluhan kelompok wisata.
  13. Memastikan kesepakatan antara agen tur dan rombongan tur.
  14. Memberikan umpan balik kepada perusahaan tur tentang pemilihan dan kinerja vendor, dan manajemen rencana perjalanan.

 

Baca Juga: 3 Rekomendasi Tabungan Haji Terbaik, Apa Saja Keuntungannya?

 

Itulah informasi mengenai tour leader dan perbedannya dengan tour guide. Gimana, kamu tertarik menjadi seorang tour leader?

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp