Jamaah Haji & Umrah Wajib Isi e-CD? Berikut 7 Langkah Mudah Isi e-CD

By. Dewi Savitri - 26 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Customs Declaration adalah pemberitahuan pabean atas impor barang yang dibawa oleh penumpang atau awak sarana pengangkut. Singkatnya, Customs Declaration adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk memberitahukan barang bawaan penumpang awak dan sarana pengangkut kepada petugas Bea Cukai. Electronik Customs Declaration atau e-CD merupakan aplikasi digital yang dikembangkan dan diimplementasikan sesuai dengan regulasi yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut.

 

Baca Juga: Asuransi Jamaah Haji & Ketentuannya, Bagaimana Cara Klaimnya?

 

Saat ini, pelaksanaan e-CD telah diimplementasikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar. E-CD secara bertahap akan diberlakukan di beberapa bandara internasional, pelabuhan laut internasional, dan perbatasan darat di Indonesia. Pengisian Customs Declaration diwajibkan bagi penumpang atau awak sarana pengangkut yang datang dari luar negeri, termasuk jamaah haji dan umrah dari Tanah Suci.

 

Customs Declaration merupakan dokumen awal yang digunakan Bea Cukai untuk pemeriksaan barang bawaan penumpang dan awak sarana pengangkut yang datang dari liar negeri. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengidentifikasi barang-barang yang termasuk larangan dan/atau pembatasan (lartas), serta mengidentifikasi barang yang kena pajak dengan yang tidak. Penumpang dan awak sarana pengangkut harus mengisi Customs Declaration dengan jelas, benar, dan lengkap. Pemberitahuan barang dalam Customs Declaration tersebut akan menentukan jalur pengeluaran barang impor, yaitu jalur merah dan jalur hijau.

 

Lalu, bagaimana cara mengisi pemberitahuan barang bawaan dari luar negeri melalui e-CD? Berikut adalah adalah tata cara pengisian e-CD jamaah haji dan umrah:

 

Baca Juga: Miliki Kelebihan E-Paspor Mulai Diminati dibanding Paspor Biasa

 

  1. Membuka sistem e-CD yang dapat diakses melalui https://ecd.beacukai.go.id/ atau pindai melalui QR Code yang tersedia saat jamaah baru tiba di Indonesia, lengkapi data kemudian pindai di area pemeriksaan Bea Cukai
  2. Pada halaman utama, jamaah dapat mengisi data penumpang yang terdiri dari nama lengkap, email, nomor paspor, kewarganegaraan, tanggal lahir, pekerjaan, alamat tempat tinggal atau hotel di Indonesia, tempat kedatangan, nomor penerbangan/pelayaran/maskapai lainnya, dan tanggal kedatangan
  3. Jika sudah diisi dengan lengkap kemudia klik next
  4. Jamaah akan diminta mengisi data tambahan seperti jumlah bagasi, dan jumlah anggota keluarga, setelah itu tekan next
  5. Selanjutnya, jamaah akan mendapat beberapa pertanyaan terkait dengan barang bawaan. Saat mengisi barang bawaan, jamaah dapat menggeser tombol menjadi ‘Yes’ atau ‘No’ sesuai dengan barang bawaan yang dibawa. Jika memilih ‘Yes’, akan ada beberapa data lain yang harus diisi. Isilah data tersebut dengan sebenar-benarnya kemudian klik ‘Next’
  6. Selanjutnya isi bagian registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI). Jika membeli handphone atau tablet dari luar negeri paling banyak dua unit per orang. jika tidak, klik tombol ‘Next’ kemudian beri tanda ceklis atau centang pada halaman agreement atau pernyataan.
  7. Klik ‘Next’, setelah itu sistem akan memberikan QR Code yang nanti diberikan kepada petugas Bea Cukai

 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh bagi Jamaah Haji dan Umrah

 

Bagaimana jika tidak membawa barang yang harus diberitahukan apakah harus tetap mengisi e-CD? Jawabannya adalah iya. Bea Cukai menegaskan bahwa penumpang tetap harus mengisi e-CD meskipun tidak membawa barang yang harus dilaporkan. Hal ini sesuai dengan PMK 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang Bawaan Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut, bahwa setiap penumpang wajib menyampaikan pemberitahuan pabean.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp