Potret Haji Backpacker, Hingga Tidur di Dekat WC Masjidil Haram ?

By. Siti Rahmawati - 27 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Masjidil Haram di Mekkah dipenuhi oleh para jemaah haji maupun umroh dari berbagai negara. Mereka datang ke Masjidil Haram untuk menjalankan ibadah agar lebih baik.

 

Meskipun demikian, tidak jarang banyak jemaah umroh atau haji ini datang ke Mekkah secara backpacker tanpa menggunakan jasa travel. Mereka datang tanpa menyewa hotel dan tidur di sembarang tempat.

 

 

Sumber gambar : youtube.com/ Alman Mulyana

 

 

Masjidil Haram adalah masjid tersibuk di dunia, selama 24 jam umat Islam datang dari berbagai negara hanya untuk menjalankan ibadah. Mereka tidak pernah berhenti beribadah meskipun waktu sudah menunjukkan waktu dini hari.

 

Hal itulah yang terlihat pada sebuah video yang diunggah oleh channel Youtube Alman Mulyana. Di video yang menunjukkan pukul dua dini hari tersebut masih tampak puluhan ribuan jemaah yang tak menghentikan aktivitas ibadahnya di Masjidil Haram.

 

 

Baca juga:

 

 

Para jemaah yang datang untuk beribadah terdiri dari berbagai negara usia, dan jenis kelamin. Bahkan tidak jarang ditemui para jemaah yang membawa buah hati mereka yang masih berusia kanak-kanak

Tidur di Belakang WC Masjidil Haram.

 

 

Seluruh jemaah  backpacker tersebut datang dan menjalankan ibadah di Masjidil Haram tanpa mempunyai tempat tinggal yang jelas. Hotel-hotel di sekitar masjid sudah penuh sehingga memaksa mereka untuk tidur di sembarang tempat.

Salah satu tempat tidur yang menjadi favorit para jemaah adalah di emperan belakang WC Masjidil Haram. Di sana terlihat para jemaah sedang tidur dengan beralaskan seadanya dan masih mengenakan pakaian ihram.

Kondisi cuaca di Arab Saudi yang tidak menentu dan luasnya Masjidil Haram di Mekkah membuat para jemaah tersebut akan mendapatkan pengalaman yang cukup menantang ketika menjalankan ibadah umroh tanpa menyewa kamar hotel.

 

 

 

Oleh karena itulah, umroh backpacker ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang mampu dari segi usia, fisik, dan pengalaman. Syarat itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya mau mengedukasi teman-teman bahwa umroh backpacker itu dibutuhkan pengalaman. Stamina juga harus, karena tidur di lantai, bisa-bisa down itu nanti stamina,” lanjut pria di video tersebut.

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp