Potet Kehidupan di Kolong Masjidil Haram yang Jarang Diekspos

By. Siti Rahmawati - 27 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Salah satu tempat ibadah yang disucikan sekaligus masjid paling ingin dikunjung umat islam di seluruh dunia adalah Masjidil Haram. Terletak di di kota Mekkah, salah satu magnet dari kawasan masjid terbesar di dunia ini adalah bangunan suci Kabah yang menjadi kiblat ketika jutaan muslim menunaikan sholat.

 

Dengan pembangunan yang terus dilakukan, Masjidil Haram telah berkembang menjadi kawasan masjid yang serba indah. Keindahan yang membuatnya selalu meninggalkan kerinduan bagi jemaah haji atau umroh yang pernah mengunjunginya.

 

 

Namun ternyata ada bagian dari Masjidil Haram yang mungkin jarang terekspos di media sosial. Pada salah satu video di kanal Youtube Alman Mulyana, membagikan bagaimana kehidupan di bawah masjidil haram, berikut ulasannya.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Apabila kita turun melalui sebuah eskalator yang terdapat di depan menara jam atau Makkah Royal Clock Tower, maka akan ditemukan sebuah basement. Berbeda dengan di atas, suasana di basement ini lebih sepi namun lebih berisik karena bergema.

 

Ternyata, di bawah basement tersebut masih terdapat tempat parkir mobil yang digunakan oleh jemaah maupun orang yang menginap di hotel sekitar Masjidil Haram.

Di bawah sini, juga terdapat banyak pintu masuk menuju hotel-hotel di sekitar Masjidil Haram. Seperti hotel Raffles yang menjadi salah satu hotel termahal di kota Mekah.

 

 

Kemudian, juga ada pintu menuju hotel Swissotel Al Maqam yang berada di sampingnya.

Lorong ini pun ternyata cukup panjang. Seorang pria yang merekam videonya mengatakan, di ujung lorong ini akan menuju kawasan rumah Abu Jahal yang saat ini telah dibongkar dan menjadi sebuah terminal bis.

Kemudian, di bawah Masjidil Haram juga terdapat beberapa toko makanan. Selain itu, juga terdapat mobil pemadam kebakaran yang terparkir dan siap sedia beroperasi jika ada keadaan darurat di sekitarnya.

 

 

"Di bawah Masjidil Haram masih ada kehidupan. Ada yang jualan, ada parkiran, hingga hotel-hotel," kata vloger Alman Mulyana dalam kanal Youtube-nya dikutip pada Selasa (20/6/2023).

 

Ia mengungkapkan, jika ada jamaah haji atau umrah yang penasaran dengan kehidupan di bawah Masjidil Haram ini jangan pergi sendirian. Mintalah ditemani oleh seseorang yang sudah berpengalaman atau hafal area tersebut.

 

 

 

"Jadi jamaah haji jangan sembarang turun ke lorong bawah Masjidil Haram kalau tidak mau tersesat, kecuali yang sudah berpengalaman," ujar Alman.

Menariknya lagi, di bawah area tersebut terdapat bangunan khusus bertuliskan toilet nomor 3. Ternyata di dalamnya sangatlah luas dan terdiri dari dua lantai.

 

 

 

Untuk menuju lantai pertama dan dua bisa menaiki anak tangga, atau menggunakan eskalator. Bahkan saking padatnya, di dalam toilet tersebut hawanya cukup panas karena para jamaah ada yang mengambil wudhu serta buang hajat.

 

"Jadi kalau mau coba harus dengan orang berpengalaman, kalau enggak, bakal tersesat jauh. Ini tuh luas banget," terang Alman Mulyana.

 

Baca juga:

 

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp