4 Manfaat Manasik Umrah Beri Kamu Gambaran Kondisi di Tanah Suci

By. Dewi Savitri - 27 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Manasik umrah adalah serangkaian persiapan mental dan spiritual seorang muslim sebelum melaksanakan ibadah umrah. persiapan manasik umrah meliputi pembelajaran untuk memahami rukun dan sunnah umrah, tata cara pelaksanaan ibadah umrah, doa-doa yang harus dibaca saat menunaikan ibadah umrah, hingga mempelajari tentang budaya di Arab Saudi secara sekilas. Tujuan adanya manasik ini adalah agar calon jamaah siap secara fisik, mental, spiritual dan pengetahuan sebelum menjalankan ibadah umrah.

 

Baca Juga: 3 Cara Menjadi Muthawif Profesional yang Baik, Sudah Ada Di Kamu?

 

Manasik umrah biasanya akan dimulai dengan mempelajati pengetahuan dan pemahaman tentang tata cara pelaksanaan ibadah umrah yang meliputi rukun-rukun umrah, hal-hal yang harus dihindari selama berada di Makkah dan tata cara berpakaian yang sesuai dengan syariat islam. Kemudian, jamaah akan belajar juga tentang do’a-do’a dan dzikir yang harus dibaca selama melaksanakan ibadah umrah.

 

Pada dasarnya, manasik umrah dilakukan agar ketika melaksanakan ibadah umrah, jamaah sudah memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara beribadah yang baik dan benar agar ibadah umrah diterima oleh Allah SWT. Namun lebih dalam daripada itu, manasik umrah memiliki beberapa manfaat lain yaitu sebagai berikut:

 

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

 

Manasik juga meliputi latihan fisik yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini sangat penting mengingat ibadah umroh memerlukan stamina dan kesehatan tubuh yang baik.

 

2. Mengetahui Kondisi di Tanah Suci

 

Manasik juga memiliki manfaat penting dalam membantu seorang muslim memperoleh gambaran tentang Tanah Suci. Tanah Suci merupakan tempat suci bagi umat Islam dan memiliki nilai historis, budaya, dan agama yang sangat penting bagi kehidupan umat Islam. Oleh karena itu, kegiatan manasik memiliki manfaat yang sangat penting dalam membantu seorang muslim memahami kondisi dan gambaran di Tanah Suci.

 

Baca Juga: Alasan Layanan Konsumsi Jamaah Haji di Hentikan, Kenapa??

 

3. Mengenal Calon Jamaah Lain

 

Dengan mengikuti manasik umroh, tentu kamu akan bertemu calon jamaah lainnya. Sehingga kamu dapat mengenal calon jamaah lainnya yang mana nantinya dapat saling membantu sewaktu membutuhkan pertolongan ketika menjalani ibadah umroh.

 

4. Memahami Percakapan Bahasa Arab

 

Manfaat manasik umrah yang tidak kamu temukan bila tidak mengikuti kegiatan ini adalah sebagai media memahami sedikit-sedikit percakapan bahasa Arab. Bila ikut manasik umroh, calon jamaah akan diajarkan percakapan bahasa Arab yang sering digunakan para jamaah lainnya ketika di Tanah Suci. Tujuannya agar calon jamaah bisa berkomunikasi dengan jamaah lainnya atau dengan petugas yang mengawasi ketika mengalami kebingungan.

 

Baca Juga: Perlukah Manasik Haji? Ini Dia Fungsi Manasik Haji bagi Jamaah

 

Itulah beberapa manfaat manasik umrah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat yang membaca dan selamat menunaikan ibadah umrah!! Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp