Berburu Kambing DAM di Pasar An'am Makkah

By. Siti Rahmawati - 27 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Jemaah haji Indonesia sebagian besar berhaji dengan cara Tamattu’ yaitu berhaji dengan mendahulukan umrah kemudian berhaji. Haji ini mengharuskan jemaah membayar dam atau denda menyembelih hewan.

 

Pasar An'am, beberapa waktu lalu. Pasar ini terletak di perbatasan Makkah - Jeddah, Arab Saudi. Atau berjarak 10 kilometer dari Masjidil Haram.

Suasana pasar sangat riuh dengan teriakan pedagang yang menjajaki kambing dagangannya. Belum lagi suara kambing mengembik bersahutan.

 

 

Sumber gambar : kumparan.com

 

Pasar ini menjadi salah satu pasar yang didatangi pembeli untuk membeli kambing sebagai syarat membayar denda atau dam dan sekadar berkurban. Kambing yang telah dibeli kemudian dibawa ke tukang jagal di pasar yang sama.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Uniknya, meski berprofesi sebagai penjagal, mereka memakai seragam berwarna merah. Kambing yang telah dibeli digiring ke tempat penjagalan oleh pekerja yang mayoritas berasal dari Mali.

 

Di Pasar An'am, jemaah bisa memilih bobot kambing yang diinginkan. Seorang pedagang menyebut, saat ini harga satu ekor kambing dijual kisaran harga 250 Saudi Riyal (SAR) hingga 500 SAR.

Kambing dengan berat 10 Kg harganya kisaran 250 SAR. Sedangkan kambing yang beratnya mencapai 30 kg bisa seharga 500 SAR. Tetapi proses tawar menawar antara pembeli dan pedagang masih sangat dimungkinkan.

 

 

 

Setelah cocok dengan harga yang ditawarkan dan dibayar, kambing akan digiring ke tukang jagal. Untuk biaya penyembelihan kambing kisaran 60 SAR atau sekitar Rp240 ribu dengan kurs Rp4.000. Setelah selesai, kambing yang dipotong dimasukkkn akan disalurkan ke pihak yang membutuhkan.

 

Selain Pasar An'am, daerah lainnya yang menjual kambing untuk membayar dam yakni Moashem dan Akisiyyah. Namun jika ingin memilih pasar lebih luas, maka Pasar An'am lah yang paling tepat.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp