Umat Islam Wajib Tau, Ini Dia 5 Keutamaan Umrah

By. Dewi Savitri - 27 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ibadah umrah, meskipun bukan termasuk dalam rukun Islam yang wajib seperti haji, memiliki keutamaan yang luar biasa dalam agama Islam. Umrah merupakan kesempatan yang diberikan oleh Allah kepada umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada-Nya dengan ikhlas dan khusyuk. Melalui ibadah umrah, setiap muslim memiliki kesempatan untuk merenungkan makna kehidupan, bertaubat, dan memperkuat ikatan spiritual dengan Sang Pencipta.

 

Baca Juga: Hapus Dosa dengan Sholat, Ini Dia 4 Keutamaan Sholat Taubat

 

Berikut adalah beberapa keutamaan ibadah umrah:

 

1. Penggugur Dosa

 

Terdapat sbuah hadis Rasulullah dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda:

 

العمرةُ إلى العمرةِ كفَّارَةٌ لمَا بينَهمَا ، والحجُّ المبرورُ ليسَ لهُ جزاءٌ إلا الجنَّةُ

 

Artinya: “Antara satu umrah dengan umrah berikutnya terdapat penghapusan dosa-dosa di antara keduanya.  Haji yang mabrur, tidak ada pahala bagi pelakunya, melainkan surga” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

2. Jihad bagi Wanita

 

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,

 

يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ قَالَ « نَعَمْ عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ

 

“Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa melakukan perang, yaitu dengan haji dan umrah.” (HR. Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Syekh Al Albani)

 

3. Dikabulkan Do’anya

 

Baca Juga: Raih Keutamaan Puasa Sepuluh Hari di Bulan Dzulhijjah , Jangan Lewatkan !!!

 

Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa, jamaah yang berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji maupun umrah dianggap sebagai tamu Allah. Keistimewaan yang akan diperoleh tamu undangan adalah dikabulkannya doa yang dipanjatkan oleh jamaah. Seperti halnya yang tertulis dalam HR An Nasaiy dan Ibnu Majah, “Jamaah haji dan juga umrah adalah delegasi dari Allah. Apabila mereka berdoa, maka Allah akan mengabulkannya. Dan apabila mereka minta ampun, Allah akan memberikan ampun-Nya.”

 

4. Pahala Dicatat Hingga Hari Kiamat dan Dijanjikan Surga

 

Jamaah yang meninggal dalam kondisi berihram saat menjalankan ibadah umrah Allah memberinya keistimewaan berupa pahalanya yang akan dicatat hingga hari akhir kelak. Selain itu keutamaan ibadah umrah lain yaitu Allah sudah menjanjikan surga bagi siapapun yang melangsungkan ibadah haji maupun umrah dengan Ikhlas. Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadis riwayat Bukhari yang artinya:

 

“Bahwa orang-orang yang melaksanakan umrah akan diberi keistimewaan dengan ganjaran surga”. (HR Bukhari)

 

5. Menjauhkan dari Kefakiran

 

Ibadah umrah meskipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun tidak pernah menjadikan jamaah menjadi miskin. Sebaliknya, ibadah umrah justru akan menjauhkan jamaah dari kemiskinan dan kefakiran. Hal tersebut sebagaimana disebutkan didalam hadis riwayat Tirmidzi yang artinya:

 

“Sering-seringlah melakukan haji dan umrah. sesungguhnya kedua ibadah tersebut dapat menghilangkan kefakiran atau kemiskinan dan juga dosa-dosa. Sebagaimana seorang pandai besi menghilangkan karat besi, emas, dan juga perak.” (HR Tirmidzi)

 

Baca Juga: 3 Amalan di Hari Arafah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

 

Itulah beberapa keutamaan ibadah umrah, semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat semua. Bagi sobat yang ingin menjalankan ibadah umrah dan sedang mencari biro travel terbaik untuk menemani perjalanan ibadahmu, Batemuri Tours mungkin bisa menjadi pilihan terbaik sobat. Pilih paket-paket ibadah umrah yang sesuai dengan budget dan fasilitas-fasilitas yang sobat inginkan dengan mengunjungi website Batemuri Tours di www.batemuritour.com.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp