7 Fasilitas Umrah yang Kamu Dapat di Makkah

By. Dewi Savitri - 28 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour- Hai Sobat Batemuri!! Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang tour travel khususnya biro travel umrah, salah satu poin yang harus diperhatikan adalah cara pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada jamaah. Pelayanan dan fasilitas yang baik akan membuat jamaah merasa puas beribadah bersama biro travel tersebut sehingga jamaah akan memberikan feedback yang baik kepada perusahaan.

 

Baca Juga: Baru Pertama Kali? Ini Dia 6 Persiapan Umrah yang Harus Kamu Lakukan

 

Lalu apa saja fasilitas-fasilitas umrah yang akan diberikan biro travel kepada jamaah? Berikut adalah beberapa fasilitas umrah yang akan didapat jamaah selama berada di tanah suci:

 

1. Tiket Pesawat

 

Fasilitas pertama yang akan didapat jamaah saat menjalankan ibadah umrah adalah tiket pesawat ke Makkah dan Madinah maupun sebaliknya. Tiket ini dipesan dan dibeli sebelum tanggal keberangkatan yang sudah ditentukan didalam paket. Ada beberapa biro travel yang menyediakan tiket pesawat open, maksudnya adalah tiket pesawat dapat dibeli tanpa harus menentukan tanggal keberangkatan yang pasti.

 

2. Akomodasi

 

Salah satu fasilitas wajib yang akan didapat oleh jamaah umrah adalah akomodasi. Akomodasi biasanya akan disesuaikan dengan paket umrah yang dipilih jamaah saat membelinya di biro travel. Standar hotel atau penginapan yang diberikan biro travel kepada jamaah minimal adalah hotel bintang tiga.

 

Hotel atau penginapan akan didapat jamaah tidak hanya saat di Makkah namun juga saat jamaah berada di Madinah. Jika jamaah membeli paket umrah plus negara lain maka jamaah juga biasanya akan mendapat fasilitas akomodasi ini di negara tersebut. Hal ini tergantung dengan berapa lama jamaah berada di negara tujuan dan kesesuaian paket yang dibeli jamaah.

 

3. Transportasi Antar-Jemput Bandara

 

Fasilitas berikunya yang disediakan biro travel adalah fasilitas antar jemput mulai dari bandara ke hotel, ke tempat-tempat ibadah, ke tempat ziarah hingga kembali ke bandara saat akan pulang ke Tanah Air. Transportasi yang digunakan biasanya berupa bus atau van ber-AC yang cukup nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

 

Jamaah tidak perlu khawatir tentang transportasi selama berada di Arab Saudi karena transportasi ini suda dikelola oleh pihak biro tour & travel. Transportasi juga akan mengantarkan jamaah kembali ke bandara saat jamaah akan pulang ke Indonesia.

 

4. Konsumsi

 

Baca Juga: 4 Persiapan Jamaah Haji Lansia Agar Ibadah Tetap Bugar

 

Jamaah akan mendapatkan konsumsi selama berada di Arab Saudi sebanyak tiga kali sehari. Konsumsi sudah masuk kedalam fasilitas paket umrah yang dibayarkan jamaah. Makanan yang disediakan biasanya berupa makanan Arab tradisional seperti nasi kabsah, mandi, makloubah, dan lain-lain. namun ada juga beberapa hotel yang menyediakan menu makanan internasional seperti western food, chineese food, dan lain-lain.

 

Beberapa paket umrah juga menyediakan makan di restoran-restoran tertentu seperti restoran Indonesia dan lain sebagainya. Hal ini diberikan agar jamaah dapat memesan makanan yang sesuai dengan selera masing-masing. Jamaah juga biasanya bisa request untuk mampir ke restoran-restoran yang terkenal disana, namun biasanya hal ini sudah melalui kesepakatan bersama biro dan rombongan terlebih dahulu.

 

5. Tour Leader dan Muthawif berbahasa Indonesia

 

Fasilitas berikutnya yang akan didapat jamaah berupa pemandu perjalanan seperti tour leader dan muthawif yang akan menemani dan menuntun jamaah melaksanakan ibadah di Tanah Suci. Pemandu ini penting untuk membantu jamaah dalam menjelaskan rutinitas ibadah dan memberikan informasi tentang lokasi-lokasi yang dikunjungi.

 

Para pemandu ini juga akan membantu jamaah dalam mengurus administrasi, menjawab pertanyaan-pertanyaan jamaah dan lain sebagainya. Selain itu, tour leader dan muthawif juga akan membantu jamaah dalam mengatasi masalah yang mungkin akan terjadi selama di Arab Saudi.

 

6. Perlengkapan Ibadah

 

Perlengkapan ibadah yang akan diberikan kepada jamaah meliputi tas umrah, kain ihram, sandal umrah, dan perlengkapan lain seperti sepatu wudhu, tas wudhu, kotak wudhu dan lain sebagainya. Perlengkapan ini biasanya akan diberikan kepada jamaah saat jamah akan berangkat ke Tanah Suci.

 

7. Visa Umrah

 

Pembuatan visa umrah biasanya sudah masuk kedalam paket umrah yang dibeli jamaah. Jamaah harus memberikan beberapa dokumen penunjang pembuatan visa kepada biro travel haji dan umrah. Setelah dokumen lengkap, pihak biro travel akan mengirimkan dokumen-dokumen tersebut kepada konsulat Arab Saudi untuk diproses. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat visa umrah biasanya memakan waktu selama 2 hingga 4 minggu. Setelah terbit, pihak biro travel akan memberikan visa tersebut kepada jamaah

 

Baca Juga: Mengenal Umrah Backpacker, Umrah Murah Ramah Dikantong Jamaah

 

Itulah beberapa fasilitas yang akan diterima jamaah umrah saat di Arab Saudi. Jika kamu sedang mencari biro travel haji dan umrah untuk menemani perjalanan ibadahmu, jangan ragu untuk pilih Batemuri Tour & Travel dan bergabung bersama kami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat semua. Sekian pembahasan Batemuri kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp