Larangan Bawa Air Zamzam Demi Keselamatan

By. Dewi Savitri - 28 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Air Zamzam merupakan oleh-oleh paling populer untuk dibawa jamaah ke Tanah Air. Air Zamzam biasanya akan dibagikan kepada sanak saudara jamaah setibanya di Tanah Air. Menurut peraturan yang telah ditetapkan GACA, membawa Air Zamzam dengan pesawat tidak diperbolehkan karena akan membahayakan penerbangan.

 

Baca Juga: Mengenal Ka'bah, Ini Dia 12 Bagian Ka'bah yang Harus Kamu Tau!!

 

Pihak penerbangan akan melakukan pengecekan barang bagasi jamaah haji sebelum dibawa ke bandara untuk mengantisipasi adanya Air Zamzam yang terbawa kedalam pesawat. Aturan penerbangan terkait pembawaan Air Zamzam ini sangat ketat. Bahkan pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan alat pemindai Multiview yang mampu mendeteksi barang-barang terlarang sesuai aturan penerbangan internasional.

 

Saudi Airline menunjuk sebuah perusahaan untuk menyiapkan gudang yang akan memeriksa, mengurus, dan mengangkut barang bagasi tercatat milik jamaah haji Indonesia. Meskipun demikian, jamaah haji tetap akan mendapatkan Air Zamzam sebanyak 5 liter saat sampai di embarkasi kedatangan.

 

Koper bagasi jamaah haji akan dikumpulkan dua hari sebelum penerbangan dengan berat maksimal 32 kg per jamaah. Proses City Check akan dilakukan di hotel akomodasi jamaah haji sehingga jamaah bisa langsung mendapat bukti bagasi atau claim tag dan boarding pass. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi barang-barang terlarang yang akan diangkut.

 

Baca Juga: 7 Fakta Unik Air Zamzam yang Harus Kamu Tau!!!

 

Apa saja barang-barang terlarang yang tidak boleh dibawa jamaah? Barang-barang tersebut meliputi aerosol, bahan mudah meledak, senjata tajam, uang dengan jumlah tertentu, dan Air Zamzam. Jika ditemukan barang-barang terlarang tersebut didalam bagasi maka barang tersebut akan dikeluarkan dari bagasi disaksikan oleh petugas PPIH dan dalam pengawasan CCTV. Selanjutnya barang tersebut akan diserahkan ke Daker Makkah.

 

Barang terlarang yang ketahuan tidak akan langsung dibuang melainkan akan dikirimkan kembali kepada jamaah. Ini akan mengganggu kelancaran penerbangan dan menjadi problem besar hingga menyebabkan delay pesawat. Maka dari itu jamaah dihimbau untuk tidak nekat menyelundupkan Air Zamzam kedalam bagasi.

 

Baca Juga: Ini Dia Keistimewaan Kota Makkah

 

Itulah informasi perihal larangan membawa Air Zamzam kedalam pesawat. Larangan ini ada bukan karena isu radikal namun demi kepentingan penerbangan agar jamaah sampai Tanah Air dengan sehat dan selamat. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp