Teluk Alaska dalam Al-Quran : Pertemuan Dua Air Laut yang Tak Bisa Bersatu

By. Siti Rahmawati - 30 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sebagaimana kita tahu, unsur minyak dan air tidak bisa bersatu. Namun ini terjadi terhadap pertemuan antara dua air laut? Fenomena alam ini ternyata telah Allah SWT jelaskan dalam firmanNya.

Sebelumnya apakah kamu pernah mendengar nama teluk alaska?

 

Teluk Alaska sendiri berada di antara dua negara, yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Teluk ini berada di ujung Samudera Pasifik, yang membentang dari Semenanjung Alaska ke Alexander Archipelago di ujung Samudera Pasifik.

 

Dalam gambar yang diambil Kent Smith, terlihat di tengah Teluk Alaska mempertemukan air dari Samudera Pasifik dan air dari Laut Bering.

Namun anehnya, kedua air laut yang bertemu tersebut tidak menyatu. Di Teluk Alaska, air dari Samudera Pasifik dan dari Laut Bering tidak menyatu.

Namun yang menjadi pertanyaan, apa sebenarnya yang terjadi di Teluk Alaska?

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

Secara ilmiah, sebenarnya jawaban yang bisa dijelakan dengan teori. Kedua pertemuan air di teluk alaska tidak bisa bersatu adalah karena adanya perbedaan massa air. Contoh sederhananya pasti kita tahu, bahwa air dan minyak yang juga  tidak bisa bersatu. Begitu pun dengan kedua air laut di teluk Alaska tersebut.

 

 

Tidak bersatunya dua air laut di Teluk Alaska tersebut dikarenakan adanya perbedaan kepadatan air, suhu, dan salinitas (tingkat kadar garam) masing-masing.

Air dari Samudera Pasifik seperti jenir air laut pada umumnya yang asin dan memiliki kadar garam tinggi. Sementara air dari Laut Bering berasal dari gletser atau es yang mencair.

 

 

Selain penjelasan secara sains, fenomena tersebut juga telah disebutkan dalam surah Ar-Rahman ayat 19 dan 20. Dalam ayat-ayat tersebut Allah berfirman, 

 

مَرَجَ ٱلْبَحْرَيْنِ يَلْتَقِيَانِ

Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu,

 

 

بَيْنَهُمَا بَرْزَخٌ لَّا يَبْغِيَانِ

 Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp