The Mukaab, Disebut Sebagai Kakbah baru dan Salah Satu Tanda Kiamat ?

By. Siti Rahmawati - 30 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Kerajaan Arab Saudi  membangun mega proyek ambisius  The Mukaab, kini menjadi sorotan usai negara kerajaan itu mengumumkan akan mendirikan bangunan raksasa berbentuk kubus setinggi 400 meter. 

Direncanakan bahwa bangunan yang disebut sejumlah pihak bak Ka'bah baru ini akan menjadi gedung tertinggi di Riyadh dan menjadi pusat baru ibu kota.

 

 

Dilansir dari Saudi Press Agency (SPA), proyek The Mukaab dipimpin langsung oleh Putra Mahkota dan perdana Menteri (PM) Muhammad Bin Salman (MBS). The Mukaab merupakan bagian dari visi 2030 Arab Saudi untuk menargetkan diversifikasi ekonomi negara, dan untuk mengurangi ketergantungan pada pendapatan ekspor minyak menjadi pariwisata.

 

 

Pembangunan gedung di pusat kota ini dikembangkan oleh perusahaan pengembangan Murabba Baru (NMDC) yang didukung oleh Dana Investasi Publik atau Public Investment Fund (PIF). proyek ini terletak di antara Jalan Raja Salman dan Raja Khalid di barat laut Riyadh dan ditargetkan selesai pada tahun 2030.

 

 

The Mukaab akan beridiri setinggi 400 meter, dengan di dalam gedung terdiri dari bentuk segitiga yang tumpang tindih, yang terinspirasi oleh gaya arsitektur Najdi modern yang juga dikgunakan dalam pengembangan proyek giga Diriyah di Riyadh.  Pembangunaan Mukaab akan dimulai di area seluas 19 km persegi, dan akan menawarkan lebih dari 25 juta meter persegi luas lantai.

 

 

Baca juga:

 

 

 

"The Mukaab" Mirip Kakbah?



Melansir dari laman Middle East Eye, The Mukaab, simbol kota modern itu ternyata banyak dikritik oleh pengguna media sosial lantaran kemiripannya dengan Kakbah, yang merupakan kiblat umat Islam.


"Membangun Kakbah baru yang secara eksklusif ditujukan untuk kapitalisme agak terlalu sulit," kata reporter Intercept Murtaza Hussain.

"Tampaknya (MBS) sedang membangun Kakbahnya. Apakah dia akan menegakkannya sebagai kiblat baru bagi para jamaah?" tulis akademisi Asad Abu Khalil.

 

 

"The Mukaab" disebut Tanda Kiamat?



Melansir dari laman detik.com menyebutkan salah satu pengguna Twitter mengaitkan gedung raksasa berbentuk kubus itu sebagai salah satu tanda kiamat yang disebut Rasulullah SAW dalam sebuah hadits.


"Nabi Muhammad (SAW) mengatakan salah satu tanda kiamat adalah bahwa Anda akan melihat 'para gembala bersaing dalam membangun gedung-gedung tinggi," cuit @2015Jmr.
 

 

 


Berikut bunyi haditsnya:


قَالَ فَأَخْبِرْنِى عَنِ السَّاعَةِ. قَالَ مَا الْمَسْئُولُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ. قَالَ فَأَخْبِرْنِى عَنْ أَمَارَتِهَا. قَالَ: أَنْ تَلِدَ الأَمَةُ رَبَّتَهَا وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُونَ فِى الْبُنْيَانِ


 "Lelaki itu kemudian mendekatkan dirinya pada Rasulullah SAW dan bertanya, 'Kapan hari kiamat?; Rasulullah SAW menjawab, 'Orang yang ditanya tidak lebih mengetahui daripada orang yang bertanya.' Ia bertanya lagi, 'Kalau begitu, terangkan tanda-tanda kiamat?' Rasulullah SAW menjawab, 'Jika hamba sahaya telah melahirkan majikannya. Dan orang-orang fakir miskin yang tidak bersepatu, tidak berpakaian telah berlomba-lomba membangun gedung besar."

(HR Muslim)
 

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp