Salep Tapi Diminum? Inilah Minuman untuk Kekebalan Tubuh Khas Turki

By. Siti Rahmawati - 30 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com - Anda pernah minum salep? mungkin terdengar aneh bukan? bagaimana salep bisa diminum. Namun salep ini adalah jenis dari minuman. Ya ini minuman khas Turki, tentunya bukan salep, obat oles, yang biasa kita kenal.

 

Biasanya minuman salep ini terbuat dari akar anggrek dan susu. Salep telah menjadi makanan pokok di jalan-jalan Istanbul dan di rumah-rumah Turki selama berabad-abad. Inilah yang membuatnya begitu istimewa.

 

Salep. Foto vidarbergum

sumber gambar : oase.id

 

Bagi orang Turki, seperti yang sering terjadi di Istanbul, di mana sejarah ditentukan oleh berabad-abad dan dalam beberapa kasus bahkan ribuan tahun, sejarah minuman Ottoman yang panas, manis, dan susu ini terbuat dari akar anggrek tanah yang dibudidayakan di tanah Anatolia. tanggal sejauh zaman Romawi kuno, ketika itu disebut sebagai "satirion" dan "priapiscus."

 

 

Baca juga:

 

 

Minuman Penguat kekebalan Tubuh

 

Di Turki sendiri, minuman salep ini biasanya diminum saat musim dingin dan disajikan selagi hangat. Sahlep, juga dikenal sebagai Sahlap atau Salep, adalah minuman umum di Turki. Serbuk salep dapat dicampur dengan susu atau air, direbus hingga menjadi kental. Itu sering atasnya dengan sejumput kayu manis. Ini kental, manis dan hangat di hari musim dingin.

 

Serbuk salep biasanya terbuat dari umbi anggrek langka. Anggrek ini menjadi sangat langka dan hampir punah sehingga pemerintah Turki melarang ekspornya.

 

 

Sejarah bahan ini sudah ada sejak berabad-abad lalu. Itu digunakan dalam ramuan khusus yang disiapkan untuk Sultan Ottoman karena khasiat obatnya. Petugas medis istana mendokumentasikan penggunaannya dalam catatan mereka sejak abad ke-12 dan ke-13. Juga sebagai minuman non-alkohol, ia menawarkan alternatif yang menyenangkan untuk minuman beralkohol yang dilarang karena alasan agama. Para sultan menyukainya dan mereka memiliki alasan yang bagus; tanaman tersebut dianggap memiliki khasiat afrodisiak, membantu meredakan pilek dan batuk, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp