Sebelum Berhaji Wajib Tau Ini!! Ini Dia 6 Syarat Wajib Haji

By. Dewi Savitri - 03 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ibadah haji berasal dari sebuah kata bahasa Arab “Hajj” yang artinya mengunjungi atau menuju. Maksudnya adalah ibadah haji yaitu ibadah menuju Ka’bah di Tanah suci yang dilakukan dengan sengaja oleh setiap umat muslim yang diwajibkan. Umat muslim yang diwajibkan untuk berhaji adalah mereka yang sudah mampu baik secara fisik, mental dan finansial.

 

Baca Juga: Tetap Saling Menghargai, Ini Dia 5 Adab Saat Diskusi

 

Haji merupakan rukun islam terakhir yang tentu ingin diidam-idamkan oleh seluruh umat muslim didunia termasuk di Indonesia. Dalam menjalankan ibadah haji seseorang tentu harus paham akan syarat, rukun, dan tata cara pengerjaannya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai syarat wajib haji.

 

Syarat haji adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi seseorang untuk menunaikan ibadah haji. jika seseorang tersebut tidak memenuhi syarat haji, maka ia tidak diwajibkan untuk melakukan ibadah haji tersebut. Apa saja syarat haji? Berikut adalah syarat-syarat haji:

Baca Juga: Jangan Tertipu!! Inilah Biaya Badal Haji yang Harus Kamu Tau

  1. Beragama islam
  2. Berakal sehat
  3. Sehat secara jasmani dan Rohani. Seseorang yang melaksanakan ibadah haji harus sehat dan kuat untuk menjalankan ibadah haji, memahami ritual haji dan memiliki kesiapan mental karena ibadah haji merupakan ibadah yang dilakukan selama berhari-hari di tanah suci
  4. Baligh atau sudah mencapai usia dewasa
  5. Merdeka, maksudnya seseorang yang menjalankan ibadah haji dalam keadaan bebas atau merdeka dan bukan seorang budak
  6. Mampu. Seseorang yang wajib melaksanakan ibadah haji adalah mereka yang sudah tergolong mampu baik secara fisik, mental dan finansial. Ibadah haji akan membutuhkan banyak biaya perjalanan sebab pelaksanaan ibadah haji dilakukan di Tanah Suci. Jika untuk melaksanakan ibadah haji seseorang harus menjual satu-satu sumber kehidupan yang dimilikinya maka hal itu tidak diperbolehkan karena akan mendatangkan mudharat bagi orang tersebut dan keluarganya. Selain itu, seseorang yang ingin melaksanakan ibadah haji juga harus mampu menyiapkan biaya hidup untuk keluarga yang ditinggalkan dirumah.

 

Itulah syarat-syarat wajib haji. Kemampuan dalam melaksanakan ibadah haji juga disebut sebagai istitha’ah. Bagi sobat muslim yang sudah memenuhi seluruh syarat diatas maka wajib bagi kalian untuk melaksanakan ibadah haji.

Baca Juga: Syarat Surat Mahram Dihapus? Ini Dia Alasannya!!

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp