Thawaf : Nilai Tersebunyi di balik Kemukjizatan Rukun Haji

By. Siti Rahmawati - 03 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Dalam ajaran Islam, ibadah haji merupakan syarat wajib kelima yang harus ditunaikan, dengan ketentuan bagi yang mampu. Jika dilihat dari socio cultur ibadah haji bisa menjadi media untuk menjembatani rasa persaudaraan atau ukhuwah.

 

Adapun aspek teologisnya haji memiliki pesan hablu minannas atua hubungan horizontal dengan manusia. Tapi taukah Anda, jika haji ternyata memiliki manfaat secara medis. Hal ini disampaikan Imam Musbikin dalam bukunya Dahsyatnya Mukjizat Haji & Umrah bagi Kesehatan.

 

Sumber gambar : Pixabay

 

Ia menjelaskan, dalam thawaf misalnya, ada pengaruh besar dalam diri kesehatan kita. Musbikin mengatakan, haji yang selama ini dinilai sebatas ritual wajib keagamaan umat Islam, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani bagi pelakunya.

 

Thawaf  adalah mengelilingi Baitullah (Kabah) dengan cara-cara yang ditentukan oleh syari’at sebanyak 7 kali putaran yang analisis ilmu pengetahuan merupakan langkah dan gerak anggota tubuh yang sejalan dengan gerak putaran alam. Putaran thawaf dari arah kanan ke kiri tidak berlaku sebaliknya.

 

Baca juga : 

 

 

Tawaf dimulai dan berakhir di rukun hajar aswad (sudut kabah yg dijadikan sebagai tempat penyimpanan batu hitam) dengan menjadikan Baitullah berada di sebelah kiri. Thawaf melambangkan nilai-nilai tauhid. Dalam thawaf manusia diarahkan agar selalu mendekatkan diri kepada Allah sebagaimana dekatnya badan dengan Kabah. Mendekatkan diri kepada Allah bukan hanya satu kali saja, tetapi berulang kali dan setiap waktu dalam kehidupan, sebagaimana dilambangkan dalam ibadah thawaf yang dilakukan tujuh kali putaran. 

 

Pengaruh thawaf terhadap kesehatan jiwa dan raga. Thawaf merupakan salah satu rukun haji yang dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Thawaf tanpa disadari telah merepresentasikan bentuk siklus kehidupan bumi.

 

Dimana bumi melakukan rotasi yang kemudian memunculkan pergantian iklim, tahun, bulan, dan jam. Jika ditinjau lebih jauh lagi, Ibn Atha’illah Asyakandari dalam karyanya Al-hikam menemukan sebuah ketenangan dalam ritus tahwaf. Bahwa ritus thawaf menyimpan dimensi kebatinan yang sangat luar biasa besar. Terdapat keheningan jiwa dalam raga, yang menyimbolkan kontruks kontemplasi secara menyeluruh.


 

Ibadah haji menyimpan misteri yang sulit dinalar oleh rasio manusia. Khasiat ibadah haji yang berpengaruh terhadap mental kekebalan tubuh dan kesehatan jiwa merupakan kenyataan secara medis, yang membuktikan bahwa ada nilai-nilai tersebunyi di balik kemukjizatan haji dan umrah bagi setiap pelaku yang menjalankannya.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp