Kiat Mabrur : Etika Setelah Haji atau Umrah

By. Siti Rahmawati - 04 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Jemaah haji Indonesia mulai kembali ke Tanah Air hari ini. Sebagai ibadah yang cukup kompleks pelaksanaannya. Tentunya tidak ingin jika perjalanan ibadah haji yang kita lakukan menjadi amal yang sia-sia.

 

Untuk mendapatkan predikat haji yang mabrur tidak hanya diupayakan saat menjalani prosesi ibadah haji saja, namun juga sebelum berhaji, saat haji hingga yang terpenting bagaimana kita setelah menjalani ibadah haji tersebut.

 

Sumber gambar : Tribunnews.com

 

Baca juga : Jadilah Haji Mabrur dan Ketahui 6 Hikmah Ibadah Haji Berikut Ini

 

Ada beberapa adab bagi jemaah haji yang baru pulang dari Tanah Suci sebelum masuk ke rumah dan berkumpul bersama sanak keluarga.

Beberapa adab yang dimaksud sebagai berikut:

 

1. Sebelum tiba di rumah seluruh jemaah haji dianjurkan melaksanakan sujud syukur dan salat dua rakaat di masjid atau musala terdekat dari rumah.

2. Memintakan ampun dan mendoakan orang-orang yang ikut menjemput dan menyambut sebelum masuk ke rumah karena doa orang yang baru melaksanakan ibadah haji dikabulkan Allah SWT.

3. Melapor lalu berobat ke Puskesmas atau rumah sakit setempat bagi jemaah haji yang sakit dalam waktu 14 hari sejak mereka datang.

4. Melapor ke puskesmas setempat dalam waktu 14 hari, bila jemaah haji tidak sakit.

5. Meningkatkan iman, takwa, dan kepedulian sosial, dan bergabung dengan Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) yang ada di daerah masing-masing sebagai upaya untuk melestarikan kemabruran ibadah haji.

 

Itulah etika dan adab yang bisa kita lakukan setelah usai melaksankan ibadah haji. Semoga haji kita menjadi haji yang mabrur dan diterima di Sisi Allah SWT.

 

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp