Berikut Doa setelah Pulang Haji dan Umroh untuk Tamu

By. Siti Rahmawati - 04 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Jemaah haji Indonesia mulai kembali ke Tanah Air hari ini. Jemaah yang baru pulang dapat memanjatkan doa setelah pulang haji dan umroh untuk para tamu yang menyambut kepulangan mereka.

 

Dikutip dari buku Doa-doa Mustajab oleh Ibnu Qalbina, jemaah haji yang sudah kembali ke rumah masing-masing dianjurkan untuk memanjatkan doa bagi orang-orang ataupun tamu yang menjemput dan menyambut kepulangan. Sebab, doa orang yang baru menunaikan ibadah haji mustajab atau dikabulkan Allah SWT.

 

Sumber gambar : pexels.com

 

Lantas, bagaimana lafal bacaan doa pulang umroh tersebut? Berikut adalah lafal bacaan doa pulang umroh lengkap dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya.

Doa setelah Pulang Haji dan Umroh untuk Tamu

 

1. Doa setelah Pulang Haji Versi Pertama

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةِ قَبْرِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ

 

Arab Latin: Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillahi rabbil 'aalamiin. Allahumma shalli wa sallim wabaa rik 'alaa sayyidina muhammadin sholaatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami waziyaarati qabri nabiyyika muhammadin.

 

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah limpahkanlah shalawat, salam dan berkah kepada junjungan kami nabi Muhammad, dengan shalawat yang bisa menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam nabi Muhammad."

 

Baca juga : 

 

2. Doa setelah Pulang Haji Versi Kedua

بسم الله الرحمن الرحيم,

 

الحمد لله رب العا لمين، والصلاة والس علىأشرف المرسلين سيدنا محمد وعلى آله وأصحا به أجمعين. اللهم أن تبلغ يا ربي الحاضرين زيارةالمسجد الحرام والمسجد النبي صلى الله عليه وسلم

 

اللهم اجعل حجنا حج مبرورا وسعيا مشكورا وذنبا مغفورا وعملاً صالحا مقبولاً وتجارة لن تبور. انك على كل شيء قدير. ربنا اتنافى الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار. والحمد لله رب العلمين.

 

Arab Latin: Alhamdulillahi rabbil 'alaamiin, wash-shalatu was salamu 'alaa asyrafil mursaliin. Sayyidina Muhammadin wa 'alaa aalihi wa ash habihi ajma'iin. Allahumma antubaligha yaa rabbiyal hadhiniina ziyaaratal masjidil haraami wa masjidin nabiyyi shalallahu 'alaihi wa sallam.

 

Allahummaj 'al hajjanaa hajjan mabruran wa sa' yan masykuran wadzan ban maghfuran wa 'amalan shalihan maqbulan watijaaratan lan tabuur. Innaka 'alaa kulli syai in qadiir. Rabbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa 'adzabannaar.

 

Walhamdulillahi rabbil'alamiin.

 

"Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Segala puji bagi Allah Pemelihara semesta alam. Shalawat dan salam semoga atas yang paling mulia dari para Rasul, Nabi Muhammad SAW dan segenap keluarga dan para sahabatnya. Yaa.. Allah perkenankan Engkau untuk menyampaikan orang-orang yang hadir di sini, mohon dapat menziarahi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Ya.. Allah, jadikan haji kami haji yang mabrur, sa'i yang disyukuri dosa yang terampuni dan amal shaleh yang diterima, perdagangan yang tidak merugi, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu. Ya.. Allah berikan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari siksa api neraka. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan Pemelihara seluruh alam."

 

3. Doa setelah Pulang Umroh Versi Ketiga

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَابِهَاحَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

 

Arab Latin: "Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil'alamin. Allahumma sholli wasallim wabaarik 'alaa sayyidina muhammadin sholatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami wa ziyarota qobri nabiyyika muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam."

 

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi-Nya, Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan berkah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, melalui shalawat ini kami diperkenankan berhaji ke Baitullah dan ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW."

 

4. Doa setelah Pulang Umroh Versi Keempat

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَاحَجًّامَبْرُوْرًا، وَعُمْرَتَنَاعُمْرَةًمَبْرُوْرًا،وَسَعْيَنَاسَعْيًامَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَاذَنْبًامَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَاعَمَلًاصَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَاتِجَارَةً لَنْتَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِأَخْرِجْنَامِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

 

Arab Latin: "Allahummaj'al hajjana hajjan mabruron, wa 'umrotana 'umrotan mabruron, wasa' yana sa'yan masykuro, wa dzambanaa dzanban maghfuro, wa 'amalana 'amalan sholihan maqbula, watija rotana tijaarotan lan tabuur, yaa 'aalima maa fis shuduur, akhrijna mina dzulumaati ilannuur."

 

"Ya Allah, jadikanlah haji kami haji yang mabrur, umroh kami umroh yang mabrur, sa'i kami sa'i yang syukur, dosa kami dosa yang diampuni, amal kami amal yang diterima, dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam hati, keluarkanlah kami dari kegelapan menuju cahaya."

 

5. Doa setelah Pulang Umroh Versi Kelima

للهم سَهِّلْ أُمُوْرَنَاوَحَصِّلْ مَقَاصِدَنَاوَبَلِّغْنَا إِلَيْكَ يَا اَللهُ. اللهم اجْمَعْنَاجَمْعًامَرْحُوْمًا اللهم إِنَّانَسْئَلُكَ النِّعْمَةَوَالرَّحْمَةَ وَحُسْنَ الْخَاتِمَة

 

Arab Latin: "Allahummasahhil umuuronawahasshil maqooshidanawaballignaa ilaika yaAllah. Allahummaj ma' jam'an marhuuma. Allahumma inna nas-alukanni'mata warrohmata waqusnal qhotimah."

 

"Ya Allah, mudahkanlah segala urusan kami, capai tujuan kami, dan sampaikanlah kami kepada-Mu, wahai Allah. Ya Allah, kumpulkanlah kami bersama mereka yang mendapatkan rahmat-Mu. Ya Allah, kami memohon nikmat, rahmat, dan akhir yang baik kepada-Mu."

 

Baca juga:

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp