Begini Hukum Kurban Online dalam Islam

By. Dewi Savitri - 05 Jul 2023

Bagikan:
img

 

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Kurban adalah salah satu bentuk ketaatan umat muslim kepada Allah SWT. Kurban adalah menyembelih hewan yang telah ditentukan seperti sapi, kambing dan unta pada Hari Raya Idul Adha dan hari tasyrik. Lalu apa yang dimaksud dengan kurban online?

 

Baca Juga: Cegah Kolesterol!! Ini Dia 10 Tips Atasi Kolesterol Saat Idul Adha

 

Kurban online adalah kurban yang dilakukan dari jarak jauh. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak umat muslim yang mulai melakukan kurban dengan sistem ini. Kurban online dilakukan dengan mentransfer sejumlah uang yang sesuai dengan harga hewan kurban pada masa itu kepada panitia kurban yang kemudian akan mengurus segala keperluan kurban mulai dari memilih hewan kurban, melakukan penyembelihan hingga pembagian daging kepada orang-orang yang membutuhkan.

 

Bagaimana dengan hukum kurban onlie?

 

Tidak ada dalil yang menyebutkan secara jelas tentang pelarangan kurban online. Maka dari itu, para ulama sepakat bahwa hukum kurban online ini adalah boleh. Namun, ada konsekuensi yang harus diketahui sebelum melaksanakan kurban online. Konsekuensi tersebut adalah kita tidak bisa mengetahui secara pasti siapa penyembelih hewan kurban tersebut dan apakah penyembelihan benar-benar dilakukan sesuai dengan syariat islam karena kita tidak melihat proses penyembelihan hewan kurban secara langsung.

 

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Haji Pintar, Layani Jamaah dengan Mudah

 

Dalam pelaksanaan kurban, sunnahnya adalah satu pertiga daging dimiliki oleh pemilik hewan kurban, namun pada sistem kurban online ini sistem tersebut tidak berlaku. Selain itu, hukum menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban secara online adalah dengan cara diwakilkan orang lain.

 

Kemudian, bagaimana cara melakukan kurban online?

 

Sebelum melakukan kurban online, pastikan kamu sudah memiliki list lembaga yang amanah dan terpercaya untuk melaksanakan proses kurban. Setelah itu kamu bisa mendaftarkan kurban atas namamu atau atas nama orang lain. Kemudian tanyakan range harga hewan kurban kepada pihak penyelenggara. Biasanya harga hewan kurban bervariatif tergantung dengan jenis hewan kurban yang dipilih. Lalu transfer sejumlah uang seharga hewan kurban yang telah ditentukan diawal kepada pihak panitia. Kemudian jangan lupa untuk mengkonfirmasi hewan kurban dan prosesi kurban kepada panitia. Gimana, mudahkan?

 

Baca Juga: 6 Hikmah Ibadah Umrah, Sarana Silaturahmi Antar Umat Muslim

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah informasi mengenai kurban online, tata cara dan hukumnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat!! 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp