Sepulang Haji Diikuti Malaikat Selama 40 Hari? Ini Penjelasannya

By. Siti Rahmawati - 06 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Rangkaian panjang ibadah haji tahun 1444H / 2023 telah usai, kembali saatnya semua jemaah haji dari seluruh penjuru dunia pulang ke negerinya masing-masing. Tak ketinggalan pula jemaah haji asal Indonesia yang sudah mulai kembali ke tanah air secara bertahap mulai hari selasa 4 Juli 2023 lalu.

 

Ibadah haji sebagai mana kita tahu merupakan penyempurna terhadap rukun Islam yang kelima serta sebagai puncak kehidupan spiritual.

Di tengah kepulangan jemaah haji, selalu muncul pertanyaan dan kepercayaan bahwa jemaah haji diikuti malaikat hingga 40 hari kepulangannya? Berikut ini penjelasannya.

 

 

Sumber gambar : freepik.com

 

Melansir dari detik.com, Mengutip dari buku Kewajiban dan Adab Musafir karya Abdul Aziz Salim Basyarahil, seseorang yang pergi melaksanakan ibadah haji termasuk salah satu di antara jenis perjalanan (safar) yang bertujuan untuk mencari ridha Allah SWT.

 

Kebenaran terkait jemaah haji diikuti malaikat berkaitan dengan sebuah hadits yang menerangkan keutamaan melakukan safar dengan tujuan yang disenangi Allah SWT. Hadits tersebut diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 

"Tidak seorang keluar meninggalkan rumahnya kecuali di pintu rumahnya ada dua panji. Sebuah panji di tangan malaikat dan sebuahnya lagi di tangan setan. Kalau tujuannya kepada apa yang diridhai (disenangi) Allah Azza wa Jalla, maka dia akan diikuti malaikat dengan panjinya sampai dia pulang ke rumahnya. Apabila tujuannya kepada apa yang dimurkai Allah SWT, maka setan dengan panjinya akan mengikutinya sampai dia pulang ke rumahnya." 

(HR Ahmad dan At-Thabrani)

 

 

Baca juga :

 

 

Jika merujuk penjelasan dari hadits tersebut, jemaah haji diikuti malaikat beserta panjinya hingga ia pulang ke rumahnya sebab ia telah melaksanakan perjalanan atau safar dengan niat yang baik untuk mencari ridha Allah SWT.

 

Tak hanya bagi seorang muslim yang pergi haji, melaksanakan safar dengan tujuan mencari ridha Allah SWT juga dapat dilakukan dengan menunaikan ibadah umrah, menuntut ilmu, berdakwah, berperang di jalan Allah SWT, ataupun bersilaturahmi mengunjungi sanak saudara.

Bahkan Rasulullah SAW pun memerintahkan kepada umat muslim yang sehat tubuh dan akalnya untuk melakukan perjalanan (safar). Perintah ini juga telah termaktub dalam hadits, sebagaimana sabda Nabi SAW:

 

سَافِرُ وا تصحوا وَاغْرُ وا تَسْتَعْنُوا رواه أحمد

"Bersafarlah niscaya kamu sehat dan pergilah berperang niscaya kamu memperoleh ghanimah"

 (HR. Ahmad).

 

Selain diikuti oleh malaikat sampai kepulangannya, ada riwayat lain yang menerangkan bahwa jemaah haji juga mendapatkan keutamaan yang teramat istimewa, yaitu dibanggakan oleh Allah SWT di depan para malaikat.

Disebutkan dalam buku Ensiklopedia Fikih Indonesia: Haji & Umrah oleh Ahmad Sarwat, jemaah haji yang berkumpul di Padang Arafah dengan taat, patuh dan tunduk kepada Allah SWT akan dibanggakan di hadapan para malaikat. Pernyataan ini bersandar pada riwayat hadits berikut:

 

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُول الله الله قال : مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرُ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِي بِمُ الْمَلَائِكَةَ

 

Dari Aisyah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hambanya dari api neraka kecuali hari Arafah. Dan sesungguhnya Allah condong kepada jemaah haji dan membanggakan mereka di depan para malaikat."

 (HR Muslim)

 

Oleh sebab itu, jemaah haji hendaknya dapat semakin menjadi orang yang saleh setelah pulang dari melaksanakan ibadahnya. Semoga ibadah haji kita diterma Allah SWT, dan mendapat predikat haji yang mabrur.

 

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp