Ciri-ciri Orang Meninggal Husnul Khotimah dalam Islam

By. Siti Rahmawati - 07 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Semua yang hidup pasti akan mati, tentunya sebagai muslim kita sangat menginginkan meninggal dalam keadaan husnul khotimah.  Apa sih husnul khotimah itu? Mengapa kita sangat mengidamkannya, bahkan kita selalu menyelipkan diantara doa kita agar meninggal dalam keadaan yang husnul khotimah.

Husnul khotimah merupakan antonim dari khusnul khotimah. Khusnul khotimah berarti akhir yang hina.

 

Dalam Al-quran Allah SWT berfirman,

 

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ ثُمَّ اِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

"Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian. Kemudian, hanya kepada Kami kamu dikembalikan."

(Al Ankabut  : 57)

 

 

Meski demikian, sejatinya, kematian menjadi rahasia Allah SWT sehingga tidak ada yang mengetahui pasti kapan kematian tersebut akan datang sebagaimana disebut dalam surah Luqman ayat 34. Allah SWT berfirman,

 

إِنَّ ٱللَّهَ عِندَهُۥ عِلْمُ ٱلسَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ ٱلْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِى ٱلْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِى نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِى نَفْسٌۢ بِأَىِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌۢ

"Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

 

 

Baca juga : 

 

 

Husnul khatimah diartikan sebagai akhir yang baik. Artinya keadaan baik yang terjadi kepada diri seorang muslim pada saat ia meninggal dunia yang diisi dengan amal saleh sampai ajal menjemputnya.

Ada beberapa karakter yang menandakan seorang muslim meninggal dalam kondisi baik tersebut. 

 

Ada banyak pendapat di masyarakat terkait ciri-ciri seseorang yang meninggal dalam keadaan husnul khotimah atau akhir yang baik. Ada yang menyebut jenazah akan menampakkan raut senyum, berwajah bersih, hingga harum baunya. 

Mengutip dari laman detik.com, ada beberapa ciri manusia meninggal dalam keadaan husnul khatimah, berikut ini :

 

1. Mengucapkan Kalimat Syahadat

Ciri yang pertama adalah muslim yang mengucapkan kalimat syahadar sebelum mengembuskan napas terakhirnya. Pengucapan kalimat syahadat tentu lebih baik jika dibarengi penerapannya selama hidup.

 

2. Dahi Berkeringat

Keringat pada dahi ini menandakan rasa malu akibat kesalahan saat masih hidup. Kondisi ini berbeda dengan seorang hamba yang tak lagi punya rasa malu atau bersalah yang didasarkan dari hadits berikut,

 

عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ الْمُؤْمِنُ يَمُوتُ بِعَرَقِ الْجَبِينِ ‏"‏ ‏.

“Seperti dijelaskan Abdullah bin Buraidah dari ayahnya, Rasulullah SAW berkata, "Orang beriman meninggal dengan keringat pada alisnya."

(HR Tirmidzi)

 

3. Mati Syahid

Keutamaan mati syahid dijelaskan dalam Al-Qur'an mendapat pahala yang besar serta kondisi akhir yang baik.

 

4. Meninggal pada Hari Kamis Malam Jumat

Rasulullah SAW dalam haditsnya telah menentukan keutamaan seorang muslim yang wafat pada malam Jumat. Dalam hadits yang diceritakan Abdullah bin Amr RA, keutamaan yang sama berlaku bagi muslim yang meninggal di hari Jumat.

 

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلاَّ وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ

"Tidak ada seorang muslim pun (laki-laki atau perempuan, anak kecil atau pun dewasa) meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat. Melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah kubur."

 (HR Ahmad)

 

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp