4 Puasa Sunnah yang Dianjurkan Saat Bulan Muharram

By. Dewi Savitri - 10 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat Batemuri!! Bulan Muharram adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Selain sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriah, Muharram juga merupakan bulan yang penuh keberkahan dan keutamaan. Dalam bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah sebagai bentuk ibadah dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

 

Baca Juga: 5 Macam Puasa Sunnah yang Perlu DIketahui

 

Anjuran puasa sunnah di bulan Muharram bersandar pada hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, ia menceritakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

 

أَفْضَلُ الصَّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

 

Artinya: "Sebaik-baiknya puasa setelah bulan Ramadan adalah pada bulan Allah, yaitu Muharram." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

 

Puasa sunnah di bulan Muharram memiliki beberapa pilihan dan tata cara pelaksanaan yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai puasa sunnah di bulan Muharram:

 

1. Puasa Asyura

 

Puasa Asyura dilakukan pada tanggal 10 Muharram, yang jatuh pada tanggal 28 Juli 2023. Puasa ini memiliki keutamaan karena Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk melaksanakannya. Puasa Asyura juga memiliki makna sejarah yang penting, yaitu hari ketika Allah menyelamatkan Nabi Musa AS dan Bani Israil dari Fir'aun. Puasa Asyura dapat dilakukan dengan niat yang ikhlas untuk mendapatkan pahala dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

 

2. Puasa Tasu'a

 

Puasa Tasu'a dilakukan pada hari sebelumnya, yaitu tanggal 9 Muharram. Pada tahun 2023, tanggal 9 Muharram jatuh pada tanggal 27 Juli. Puasa Tasu'a dianjurkan sebagai pembeda dengan kebiasaan puasa orang Yahudi. Rasulullah SAW juga menganjurkan umat Islam untuk melaksanakan puasa Tasu'a. Puasa ini dapat dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk mendapatkan keberkahan.

 

Baca Juga: 3 Amalan Sunnah di Bulan Muharram Tuk Sambut Tahun Baru

 

3. Puasa Ayyamul Bidh

 

Selain puasa Asyura dan puasa Tasu'a, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan puasa Ayyamul Bidh. Puasa Ayyamul Bidh dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 Muharram. Puasa ini dapat dilakukan sebagai bentuk ibadah tambahan yang memberikan pahala yang besar. Puasa Ayyamul Bidh dapat dijalankan dengan niat yang ikhlas dan dilakukan secara rutin pada tanggal-tanggal tersebut.

 

4. Puasa Senin dan Kamis

 

Selain puasa-puasa khusus di bulan Muharram, umat Islam juga dapat melaksanakan puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis. Puasa ini merupakan puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebagai bentuk ibadah yang memberikan pahala yang besar. Melakukan puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis di bulan Muharram juga dapat meningkatkan keberkahan dan keutamaan dalam ibadah.

 

Dalam melaksanakan puasa sunnah di bulan Muharram, sangat penting untuk menjaga niat yang ikhlas dan dilakukan dengan penuh keikhlasan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Puasa sunnah di bulan Muharram memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah, membersihkan jiwa, dan meraih pahala yang besar. Mari manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan tingkatkan ibadah kita di bulan Muharram. Semoga Allah menerima puasa dan amalan kita serta memberikan keberkahan dalam hidup kita.

 

Baca Juga: 3 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Muharram

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp