Bulan Muharram Dilarang Menikah ?

By. Siti Rahmawati - 11 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Beberapa hari lagi, bulan Muharram akan tiba. Bulan ini kerap disandingkan dengan kepercayaan mistis dan berbagai pantangan karena diyakini bisa mendatangkan berbagai malapetaka.

Sebagian masyarakat Indonesia juga percaya bahwa menikah di bulan Muharram bisa menjadi malapetaka.

 

 

Sumber gambar : pexels

 

Bagaimana sebenarnya hukum menikah di bulan Muharram dalam pandangan Islam, apakah tidak diperbolehkan ?

 

Baca juga :

 

Salah satunya soal larangan menikah di bulan Muharram. Beberapa kepercayaan yang telah ada secara turun-temurun meyakini, pasangan yang menikah di bulan Muharram akan mendapat kesialan.

 

Keyakinan seperti itu, kata dia, sebenarnya tidak punya dasar dari agama Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Tidak ada dasar ketentuannya dari Al Qur'an dan tidak juga dari hadits. Bahkah tak ada satu pun ulama yang melarang akad nikah pada waktu atau jam tertentu. Demikian juga, tidak ada ketentuan untuk melarang akad nikah di Bulan Muharram.

 

 

Dalam ajaran Islam, memang ada salah satu bulan yang utama dan dianjurkan untuk melangsungkan pernikahan yakni Bulan Syawal. Karena itu, lazim di masyarakat, orang memilih menikah di Bulan Syawal. Kebiasan masyarakat di Indonesia itu mengacu pada hadits sahih dari Sayyidatina Aisyah radhiyallahu'anha berkata : 

 

تَزَوَّجَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَوَّالٍ وَبَنَى بِي فِي شَوَّالٍ فَأَيُّ نِسَاءِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَحْظَى عِنْدَهُ مِنِّي 

 

"Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menikahiku pada bulan Syawwal dan berkumpul denganku pada bulan Syawwal, maka siapa di antara istri-istri beliau yang lebih beruntung dariku?”

( HR Muslim no. 2551, At-Tirmidzi no. 1013, An-Nasai no. 3184, Ahmad no. 23137 ) 

 

Imam An Nawawi menjelaskan hadits di atas bahwa “Di dalam hadits ini terdapat anjuran untuk menikahkan, menikah, dan membangun rumah tangga pada bulan Syawal."

 

Baca juga : Kemuliaan Bulan Muharram, Muslim Wajib Tahu !

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp