Cara Mendapatkan Kebahagiaan Menurut Islam

By. Siti Rahmawati - 11 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Kebahagiaan dalam pandangan Islam pada dasarnya selalu bersumber dari hal-hal yang diperintahkan oleh agama. Untuk mencapai titik kebahagiaan tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan beribadah sesuai syariat Islam.

 

Dalam kitab Nashoihul ‘Ibad, orang yang bahagia menurut pandangan Islam memiliki tiga ciri-ciri, yaitu berhati alim, berperilaku sabar dalam menghadapi cobaan, dan selalu bersyukur dengan apapun yang dimilikinya.

 

Sumber gambar : pexels.com

 

Kebahagiaan dalam pandangan Islam juga tidak dapat diukur dari banyaknya harta, kekayaan, status sosial, atau kemewahan lainnya. Jika manusia hanya mengukur kebahagiaan dari hal tersebut, tentu dirinya tidak akan pernah merasa puas.

 

Baca juga : 

 

Sumber kebahagiaan sejati dalam Islam adalah ketenangan hati dan kenyamanan jiwa. Untuk mendapatkan ketenangan yang dimaksud, umat Muslim harus terlebih dahulu meningkatkan keimanannya terhadap Allah SWT.

Orang yang menginginkan kebahagiaan tetapi lupa kepada penciptanya, semua akan menjadi sia-sia. Dalam surat Al-Fath ayat 4, Allah SWT berfirman:

 

 

هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ ٱلسَّكِينَةَ فِى قُلُوبِ ٱلْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوٓا۟ إِيمَٰنًا مَّعَ إِيمَٰنِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

 

 “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.”

(QS. Al-Fath:4)


 

Setiap Muslim yang ingin memperoleh kebahagiaan hakiki dapat melakukannya dengan beberapa cara. berikut adalah cara yang dimaksud.

 

1. Selalu mengingat Allah SWT sebagai dzat yang maha memberi, menciptakan, dan menentukan kebahagiaan pada hamba-Nya.

2. Senantiasa bersyukur atas segala nikmat dan rezeki yang telah Allah SWT berikan berapapun jumlahnya.

3. Selalu ikhlas dalam beribadah dan melakukan perbuatan baik yang hanya ditujukan semata-mata untuk mengharapkan ridha dari Allah SWT.

4. Senantiasa bersikap tawakal, yaitu membebaskan diri dari segala ketergantungan selain Allah dan menyerahkan semua keputusan hanya kepada Allah.

5. Selalu berbuat baik dan menghindari perilaku jahat terhadap sesama.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp