Cara Ampuh Menyembuhkan Sakit Hati Ala Rasulullah

By. Siti Rahmawati - 11 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Penyakit hati adalah gangguan yang ada pada hati dan perasaan seseorang. Dalam Islam, penyakit hati yang ada pada setiap orang dapat mempengaruhi perilaku dan perbuatannya. 

 

 

Sumber gambar : freepik.com

 

Bahkan, Allah SWT berfirman terkait penyakit hati dalam surat At Taubah ayat 125.

 

وَاَمَّا الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا اِلٰى رِجْسِهِمْ وَمَاتُوْا وَهُمْ كٰفِرُوْنَ

"Dan adapun orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit, maka (dengan surat itu) akan menambah kekafiran mereka yang telah ada dan mereka akan mati dalam keadaan kafir,"

 

Terkadang, ada orang yang berbuat salah kepada kita. Alhasil, kita menjadi sakit hati karena perbuatan orang tersebut.

Dalam firman itu dijelaskan kalau penyakit hati yang dimiliki seseorang akan membawanya pada kekafiran hingga mati dalam keadaan kafir. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh umat muslim. Oleh sebab itu, sebagai muslim kita harus bisa menjaga hati dari berbagai kotoran dan penyakit yang dapat merusak keimanan.

 

Baca juga : 

 

Sakit hati adalah bagian dari perasaan buruk. Jika dipendam, dapat menimbulkan dampak negatif hingga sampai pada upaya berbuat kerusakan. Tidak hanya itu, sakit hati juga bisa memutus tali persaudaraan. Yang lebih parah, sakit hati bisa memicu perkelahian hingga pembunuhan.

 

Karena dampaknya yang begitu merugikan, Rasulullah mengajarkan kita untuk menghilangkan perasaan sakit hati. Hal itu bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

1.  Membiasakan bermuhasabah atau instropeksi diri. Kesalahan yang kita terima dari orang lain bisa jadi karena faktor diri kita sendiri. Kita mungkin lalai berbuat baik pada orang lain. Selain itu, mungkin kita terlalu sensitif dengan perkataan orang lain sehingga mudah sakit hati.

2. Berusaha menjauhi sifat iri hati. Kondisi tiap orang tentu berbeda. Oleh sebab itu, kita patut bersyukur atas kondisi yang terjadi pada diri sendiri. Iri hati hanya akan menjerumuskan kita pada kedengkian.

3. Menekan amarah dan keras hati. Amarah hanya akan membutakan pikiran seseorang. Alhasil, orang yang bersangkutan akan bertindak tanpa memikirkan dampaknya.

4. Meningkatkan sifat pemaaf dalam diri kita. Memaafkan kesalahan orang lain akan menghilangkan dendam. Perasaan sakit hati pun akan hilang bila kita mau memaafkan orang lain.

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp