7 Nama Surga dalam Islam dan Penghuninya

By. Dewi Savitri - 12 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat Batemuri!! Dalam agama Islam, surga merupakan tempat yang diidamkan oleh umat Muslim sebagai tujuan akhir. Surga dipercaya sebagai tempat kebahagiaan dan kenikmatan yang abadi bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. Dalam Al-Qur'an dan hadis, terdapat berbagai nama surga yang memberikan gambaran tentang keindahan dan kenikmatan yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa nama-nama surga dalam agama Islam:

 

Baca Juga: Hati-hati!! Kenali Konsekuensi Musyrik Akibat Syirik

 

1. Surga Firdaus

 

Surga Firdaus merupakan tingkatan surga tertinggi. Dalam Firdaus, terdapat kebun yang dipenuhi dengan pepohonan rimbun dan berbuah lezat. Para penghuni surga Firdaus adalah orang-orang yang selalu memelihara shalat dan memiliki keimanan yang kuat.

 

2. Surga Al Maqamul Amin

 

Surga Al Maqamul Amin dikenal sebagai tempat yang aman. Di dalamnya, terdapat kebebasan dari segala bentuk keburukan dan bencana. Para penghuninya adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

 

3. Surga Darul Khuldi

 

Surga Darul Khuldi merupakan rumah keabadian. Surga ini memiliki taman yang teduh dengan pepohonan yang indah dan berbuah. Penghuninya tidak akan merasa lelah dan akan menikmati kenikmatan yang tiada tara. Surga ini diperuntukkan bagi orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

 

4. Surga Ma’wa

 

Surga Ma'wa adalah tempat tinggal para malaikat, termasuk Malaikat Jibril. Di sana, terdapat burung hijau yang membangunkan para syuhada dan jiwa-jiwa yang disemayamkan. Surga Ma'wa menjadi tempat istimewa yang diberikan kepada mereka yang telah berjuang dan berkorban dalam jalan Allah.

 

Baca Juga: 4 Usur Pokok Ajaran Islam yang Jadi Landasan Dakwah

 

5. Surga Adn

 

Surga Adn adalah tempat tinggal yang kekal. Di dalamnya mengalir sungai-sungai yang indah, dan penghuninya akan diberikan gelang-gelang yang terbuat dari mutiara dan emas. Surga Adn diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki iman yang sempurna dan senantiasa bersabar dalam hidupnya.

 

6. Surga Na’im

 

Surga Na'im merupakan taman kenikmatan yang melimpah. Di dalamnya terdapat semua jenis nikmat, mulai dari makanan, minuman, wewangian, pemandangan, tempat tinggal, hingga kenikmatan lahir dan batin. Surga Na'im diberikan kepada orang-orang yang beriman dan senantiasa mengerjakan amal saleh di dunia.

 

7. Surga Darus Salam

 

Surga Darus Salam adalah rumah keselamatan. Di dalamnya terasa kedamaian yang sempurna karena berada di sisi Allah SWT. Surga ini diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman, bertakwa, dan selalu merenungkan tanda-tanda kebesaran Allah serta mengakui keagungan-Nya.

 

Demikianlah beberapa nama surga dalam agama Islam. Nama-nama surga tersebut memberikan gambaran tentang keindahan, kenikmatan, dan kedamaian yang dapat dinikmati oleh orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Semoga dengan mengenal nama-nama surga ini, kita dapat terinspirasi untuk meningkatkan iman dan amal saleh sehingga dapat meraih kebahagiaan surga yang abadi.

 

Baca Juga: Dari Buah Hingga Batu, Inilah 4 Benda Surga yang Ada di Bumi

 

Wallahu A'lam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp