7 Nama Nerka dalam Islam, Siapa Penghuninya?

By. Dewi Savitri - 12 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat Batemuri!! Dalam agama Islam, neraka merupakan tempat yang menyeramkan dan penuh siksaan bagi orang-orang yang melakukan dosa besar dan tidak bertaubat. Neraka memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda dengan tingkatan tertinggi sebagai tempat yang paling mengerikan. Dalam Al-Qur'an, terdapat beberapa nama neraka dan penghuninya yang disebutkan. Mari kita mengenal nama-nama dan penghuni neraka ini dengan lebih dekat:

 

Baca Juga: Dari Buah Hingga Batu, Inilah 4 Benda Surga yang Ada di Bumi

 

1. Neraka Jahanam

 

Neraka Jahanam merupakan tingkatan neraka yang paling tinggi dan mengerikan. Penghuni neraka ini adalah orang-orang yang melakukan dosa besar dan menentang ajaran agama Islam. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menjelaskan bahwa api neraka Jahanam lebih panas dan neraka ini merupakan tempat yang telah dijanjikan bagi para pengikut setan.

 

2. Neraka Jahim

 

Neraka Jahim memiliki arti "tempat yang sangat panas". Neraka ini dihuni oleh mereka yang mendustakan ayat-ayat Allah, bermewah-mewah tanpa menginfakkan harta mereka di jalan Allah, dan menantang Nabi Muhammad SAW. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menyatakan bahwa orang-orang yang berusaha menentang ayat-ayat-Nya akan menjadi penghuni neraka Jahim.

 

3. Neraka Hawiyah

 

Neraka Hawiyah memiliki makna jatuh dari tempat tinggi ke tempat yang paling rendah. Neraka ini ditempati oleh orang-orang yang suka mengurangi timbangan dan berbuat keburukan. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menjelaskan bahwa orang yang memiliki kebaikan yang sedikit dan melakukan kejahatan akan menjadi penghuni neraka Hawiyah.

 

Baca Juga: 7 Nama Surga dalam Islam dan Penghuninya

 

4. Neraka Wail

 

Neraka Wail dihuni oleh orang-orang yang suka bermain-main dengan kebatilan, mendustakan ajaran agama Islam, dan tidak peduli terhadap orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menyatakan bahwa mereka yang mendustakan agama dan tidak mau membantu orang miskin akan menjadi penghuni neraka Wail.

 

5. Neraka Saqar

 

Neraka Saqar digambarkan memiliki api yang sangat panas yang dapat membakar dengan dahsyat. Penghuni neraka Saqar adalah orang-orang yang tidak mau melakukan sedekah kepada fakir miskin dan suka membicarakan hal yang batil. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menjelaskan bahwa mereka yang tidak melaksanakan salat dan tidak mau berbuat kebaikan akan menjadi penghuni neraka Saqar.

 

6. Neraka Ladha

 

Neraka Ladha memiliki api yang panasnya dapat mengelupas kulit kepala. Neraka ini dihuni oleh orang-orang yang berpaling dari agama Allah, menumpuk harta tanpa bersedekah, dan tidak melaksanakan perintah Allah dengan baik. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menjelaskan bahwa penghuni neraka Ladha akan mengalami siksaan yang hebat.

 

7. Neraka Sa'ir

 

Neraka Sa'ir digambarkan memiliki api yang menyala-nyala dan berkobar. Neraka ini dihuni oleh mereka yang memakan harta anak yatim secara zalim, tidak beriman pada Allah dan Rasul-Nya. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menjelaskan bahwa orang-orang yang melakukan kezaliman terhadap harta anak yatim akan menjadi penghuni neraka Sa'ir.

 

Benda-benda dan penghuni neraka ini memberikan gambaran tentang siksaan yang mengerikan bagi mereka yang melakukan dosa besar dan tidak bertaubat. Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Muslim untuk menjauhi dosa-dosa dan selalu bertaubat kepada Allah SWT agar terhindar dari neraka yang mengerikan dan mencapai kebahagiaan surga. Semoga pengetahuan ini menginspirasi kita untuk berlaku adil, berbagi dengan sesama, dan menjauhi dosa-dosa yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

Baca Juga: Jangan Berputus Asa Karena Dosa

 

Wallahu A'lam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp