Umrah ke Umrah Menjadi Penghapus Dosa

By. Siti Rahmawati - 12 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sebagai seorang manusia tentu kita tidak luput dari salah dan dosa. Bahkan para nabi dan rasul juga pernah melakukan kesalahan. Contohnya Nabi Adam as saat masih di surga beliau dilarang memakan buah khuldi. Tapi karena bujuk rayu setan beliau tetap memakan buah tersebut sehingga beliau diturunkan ke bumi.

 

Sumber gambar: Freepik.com

 

 

Meskipun para nabi dan rasul terpelihara dari dosa, mereka tetap memohon ampun dan bertaubat kepada Allah. Apalagi kita manusia biasa yang tidak dijaga dari dosa, sudah pasti kita harus senantiasa memohon ampun kepada Allah.

Maka dari itu Allah telah menyiapkan ibadah dan amalan-amalan khusus yang dapat menghapus dosa kita.

 

Baca juga :

 

Dalam kitab Minhatul ‘Allam fi Syarhi Bulughul Maram (5/851-868), karya Syaikh Abdullah bin Shalih al-Fauzan –hafizhahullah

 

ن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: العمرةُ إلى العمرةِ كفَّارَةٌ لمَا بينَهمَا ، والحجُّ المبرورُ ليسَ لهُ جزاءٌ إلا الجنَّةُ

 

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga”

(HR al-Bukhari dan Muslim).

 

Hadits ini merupakan dalil yang menunjukkan keutamaan memperbanyak ibadah umrah. Hal ini disebabkan umrah memiliki keutamaan yang agung, yaitu dapat menggugurkan dan menghapuskan dosa-dosa. Hanya saja, mayoritas ulama menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini adalah dosa-dosa kecil, dan tidak termasuk dosa-dosa besar.

 

 

Imam Nawawi berkata, “Semua dosa itu dapat diampuni dengan sebab amal shaleh kecuali dosa besar karena dosa besar itu hanya dapat ditebus dengan taubat.”


Para jamaah yang berumroh maupun berhaji dengan niat semata-mata karena Allah SWT, insyaallah Allah akan mengabulkan doa mereka serta mengampuni kita sehingga hati kita akan terasa damai dan lapang. Sebaliknya apabila umroh diniatkan dengan tujuan pamer maka hati kita akan diliputi dengan kegelisahan, cemas, hidupnya tidak tentram, dan kebahagiaan menjauh dari hidupnya.

 

 

Baca juga : 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp