5 Adab Minum Air Zamzam dalam Islam

By. Dewi Savitri - 13 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Air Zamzam memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam sebagai air suci yang berada di Makkah, dekat dengan Ka'bah di Masjidil Haram. Meminum air Zamzam bukan hanya sekadar memuaskan dahaga, tetapi juga merupakan kesempatan untuk memperkuat spiritualitas dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang adab-adab yang dianjurkan dalam Islam saat meminum air Zamzam.

 

Baca Juga: Ini Dia 7 Etika Sarapan di Hotel Saat Ibadah Haji & Umrah

 

1. Membaca Basmalah dan Doa Sebelum Minum

 

Sebelum meminum air Zamzam, sangat dianjurkan untuk membaca basmalah (dengan menyebut nama Allah) terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa minum air Zamzam. Dengan membaca doa ini, kita mengingat dan menghormati keberkahan air suci ini.

 

2. Menggunakan Tangan Kanan

 

Sesuai dengan tuntunan Rasulullah ﷺ, saat meminum air Zamzam, gunakan tangan kanan. Ini merupakan adab yang umum dalam makan dan minum dalam Islam.

 

3. Minum Air Zamzam Boleh dalam Posisi Berdiri atau Duduk

 

Berbeda dengan jenis air lainnya, minum air Zamzam diperbolehkan sambil berdiri. Meskipun disunnahkan untuk duduk saat minum, Rasulullah ﷺ juga pernah minum air Zamzam sambil berdiri. Ini menunjukkan fleksibilitas dalam adab minum air Zamzam.

 

Baca Juga: Air Zam-zam Pernah Dikatakan Tidak Baik untuk Kesehatan !

 

4. Minum dengan Tanaffus

 

Tidak dianjurkan untuk meminum air Zamzam dalam satu tegukan dan langsung habis. Sunnahnya, minumlah dengan tanaffus, yaitu bernafas tiga kali di luar wadah air minum setelah setiap tegukan. Ini dilakukan dengan menjauhkan wadah dari mulut untuk menghormati air suci ini.

 

5. Berdoa Saat Minum

 

Saat meminum air Zamzam, dianjurkan untuk berdoa dalam hati. Doa yang dipanjatkan bisa sama dengan yang dibacakan sebelum meminumnya. Dalam hadits, air Zamzam disebut sebagai perantara doa, dan keyakinan bahwa minum air Zamzam akan memberikan apa yang kita minta kepada Allah SWT.

 

Meminum air Zamzam dengan adab yang benar adalah cara untuk memperkuat spiritualitas dan mendapatkan keberkahan dalam hidup seorang Muslim. Dengan mengikuti adab-adab yang dianjurkan dalam Islam, kita bisa merasakan makna yang mendalam dalam setiap tegukan air Zamzam. Dengan mengacu pada tulisan yang telah ada, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya adab minum air Zamzam dalam Islam. Semoga artikel ini membantu meningkatkan kesadaran kita akan keberkahan dan nilai spiritual air suci ini.

 

Baca Juga: Larangan Bawa Air Zamzam Demi Keselamatan

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp