7 Persiapan Kesehatan  Sebelum Umrah yang Tidak Boleh Anda Abaikan

By. Siti Rahmawati - 14 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Ibadah haji maupun umrah adalah ibadah yang dalam pelaksanaannya memerlukan energi yang prima, hal ini menjadi salah satu dari syarat yakni isthitha'ah. Istitha'ah sendiri mencakup beberapa aspek, salah satunya adalah istitha'ah dalam hal kesehatan.

 

Sumber gambar : Pexels.com

 

Bagi anda yang sudah berencana menjalankan ibadah umroh dalam waktu dekat. Selain mempersiapkan berbagai keperluan yang harus dibawa, penting untuk memastikan kesehatan juga.

 

Baca juga : 

 

Berikut kami rangkum persiapan kesehatan untuk memastikan tubuh fit agar dapat beribadah dengan maksimal. Berikut tips menjaga kesehatan sebelum umroh yang tidak boleh terlewat.

 

1. Medical Check-Up

Sebelum berangkat umroh wajib melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up untuk mengetahui kondisi kesehatan. Hal ini penting untuk memastikan kesiapan tubuh untuk menunaikan ibadah umroh nantinya.

Dengan medical check-up bisa dideteksi jika ada potensi penyakit sehingga bisa melakukan pengobatan sedini mungkin. Sehingga dapat dipastikan tidak ada potensi sakit selama menjalankan ibadah nantinya.

 

2. Vaksinasi

Hal wajib berikutnya untuk menjaga kesehatan sebelum umroh adalah menjalankan vaksinasi. Vaksinasi berguna untuk mencegah risiko penyakit menular selama berada di Arab Saudi terutama karena kondisi cuaca yang sangat berbeda dengan Indonesia.

Vaksinasi yang diwajibkan untuk calon jamaah adalah Vaksin Influenza, Vaksin Meningitis, dan Vaksin Pneumonia dan beberapa jenis vaksin tambahan.

 

3. Olahraga

Selanjutnya untuk memastikan kondisi fisik prima penting untuk rutin berolahraga sebelum hari keberangkatan. Mulai dengan olahraga sederhana, seperti berjalan kaki, lari atau bersepeda selama 10 hingga 20 menit setiap hari.

Jika sudah terbiasa bisa menambahkan olahraga lain atau menambah durasi olahraga secara berkala.

 

4. Terapkan Pola Hidup Sehat

Menjaga kondisi tubuh juga perlu dilakukan dengan mulai menerapkan pola hidup sehat. Selain rutin berolahraga, mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti merokok, begadang dan konsumsi makanan tidak sehat.

Mengganti dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan tambahan suplemen dan vitamin.

 

Baca juga :

 

5. Banyak Istirahat dan Hindari Stress

Hal yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan sebelum menjalankan ibadah umroh adalah memperbanyak istirahat dan menghindari stress. Keduanya dapat membuat daya tahan tubuh berkurang.

Karenanya berikan tubuh waktu yang cukup untuk beristirahat, bila perlu lakukan refreshing jika dibutuhkan untuk menjaga pikiran terhindar dari stress.

 

6. Persiapkan Obat-obatan

Jika semua persiapan di atas sudah dilakukan, persiapkan hal yang diperlukan selama menjalankan umroh, yakni obat-obatan. Terutama obat-obatan pribadi untuk kondisi kesehatan tertentu yang wajib dibawa.

Selain itu obat-obatan umum seperti obat pusing, sakit kepala, obat masuk angin, demam dan flu hingga obat diare. Jika diperlukan bisa melakukan konsultasi dengan dokter mengenai obat-obatan yang dibutuhkan sesuai kondisi kesehatan calon jamaah umroh.

 

7. Siapkan Pelembab Kulit dan Tabir Surya

Perbedaan cuaca yang sangat ekstrim penting untuk membawa pelembab kulit dan tabir surya untuk melindungi kulit. Terik dan panas kering membuat kulit cepat mengering, penggunaan keudnya membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik.

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com


 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp