5 Tips Sederhana yang bisa Anda Lakukan Selama Umrah di Tanah Suci

By. Siti Rahmawati - 14 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Menjalani ibadah umrah, pastinya menjadi hal yang dinantikan bagi setiap umat mukmin. Impian untuk bisa beribadah dengan tenang di Masjidil Haram, melihat langsung bangunan ka’bah, berdoa di tempat-tempat yang mustajab, berkunjung ke makam Rasulullah SAW, dan seterusnya sudah ada di fikiran.

 

Akan tetapi, ada banyak hal teknis yang harus Anda pahami supaya ibadah umrah Anda tak disibukkan dengan membereskan hal-hal kecil yang membuat Anda ribet waktu di tanah suci.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat di Baitullah, agar mempermudah Anda saat melaksanakan ibadah umrah. Simak baik-baik dari awal hingga akhir yuk!

 

1. Menggunakan Kamar Mandi

Untuk Anda yang tengah menunaikan ibadah umrah, memelihara wudhu sangat dianjurkan karena tidak setiap waktu Anda dapat berwudhu. Tentunya Anda tidak akan bisa khusyu’ apabila harus bolak-balik ke tempat wudhu. Anda juga harus mengantisipasi kalau ingin menunaikan hajat atau ‘panggilan alam’ yaitu buang air kecil ataupun buang air besar. Menuju ke toilet bukan perkara yang mudah saat Anda berada di Masjidil Haram.

 

Hal ini karena desain bangunan Masjidil Haram berbeda dengan masjid pada umumnya, Anda harus tahu betul letak toilet yang ada di Masjidil Haram. Toilet ini berada di luar area masjid, tepatnya di dekat pintu masuk utama yaitu pintu King Abdul Aziz atau dekat dengan pintu keluar Bukit Marwah. Bagi Anda yang tengah berada di area masjid, mau tak mau harus menghentikan aktivitas ibadah Anda dan berjalan keluar dari Masjidil Haram.

 

Baca juga : 

 

2. Menyimpan Uang Tunai Dengan Aman

Membawa uang tunai menjadi kebutuhan tersendiri bagi Anda saat menunaikan ibadah umrah untuk alat pembayaran selama di tanah suci. Bawa seperlunya saja, jika perlu hitung berapa kebutuhan Anda ketika di tanah suci termasuk untuk membeli oleh-oleh sebelum kembali. Jika Anda memiliki uang tunai terlalu banyak, tentunya Anda akan kerepotan menyimpannya. Ada rasa khawatir akan kehilangan dan seterusnya.

 

Anda juga dapat menyimpan uang Anda di ATM, apabila membutuhkan uang tinggal tarik tunai di ATM. Membawa selembar kartu ATM jauh lebih ringkas dibandingkan dengan menyimpan segepok uang tunai bukan? Nah, terakhir Anda bisa coba memanfaatkan save deposit box yang kadang disediakan oleh pihak hotel tempat Anda menginap. Hotel dengan minimal bintang 4 biasanya memiliki fasilitas ini. Jika tidak, Anda bisa menggunakan koper milik pribadi yang dapat Anda kunci saat ditinggal-tinggal.

 

3. Tips Agar Koper Tak Keliru dengan Jamaah Lain

Koper ialah salah satu benda penting yang dibutuhkan ketika berangkat umrah untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan saat berada di Baitullah. Namun, banyak terjadi masalah mengingat banyaknya koper jamaah lain yang menyebabkan kejadian kehilangan atau koper yang tertukar.

 

Nah, untuk mencegah hal tersebut Anda harus menandai koper Anda agar dapat dikenali dengan mudah. Misalnya dengan menempelkan stiker bendera merah putih untuk mengidentifikasi bahwa itu adalah koper jamaah asal Indonesia. Kemudian, jangan lupa untuk menggantungkan identitas diri yang lengkap pada koper Anda. Jika perlu pasang foto Anda juga agar lebih meyakinkan. Hal ini menghindari koper Anda diklaim oleh pihak lain yang tak bertanggung jawab.

 

Anda juga dapat menggunakan gantungan kunci unik dan mencolok, yang membedakan koper Anda dengan koper jamaah lain. Biasanya, ada pula yang mengikat pita yang berwarna seragam dengan jamaah satu rombongan untuk mempermudah|memudahkan memilih koper. Usahakan agar selalu memeriksa koper serta isi koper Anda secara berkala selama di tanah suci. 

 

Baca juga :

 

4. Menyimpan Tanda Pengenal serta Dokumen Penting

Barang yang sangat penting untuk Anda bawa ketika beribadah umrah ialah tanda pengenal jamaah dan dokumen penting lainnya. Tanda pengenal ini biasanya bertuliskan nama, usia, asal negara, nama regu dan seterusnya sebagai identitas resmi Anda sebagai jamaah umrah. Dokumen penting lainnya antara lain paspor, Anda harus menjaganya dengan baik supaya tidak hilang atau ketinggalan di suatu tempat.

 

5. Tips Membawa Benda-Benda Kecil yang Diperlukan

Benda-benda kecil ini terlihat sepele, namun harus selalu Anda simpan agar tak kerepotan ketika menjalani ibadah umrah. Antara lain gunting kecil untuk tahallul, pemotong kuku, alat cukur jenggot, tali tambang (berfungsi untuk tali menjemur pakaian ketka di kamar dan mengikat koper), cotton buds, obat-obatan warung, kaos kaki dan sarung tangan supaya tidak kedinginan.

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp