Hindari Kehilangan, Ini Tips Menyimpan Uang dengan Aman Saat Umrah

By. Siti Rahmawati - 15 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Belakangan ini sering terjadi masalah yang tidak mengenakan baik saat perjalanan maupun saat berada ditanah suci.

Salah satu masalah yang mengganggu kenyamanan Ibadah umrah iyalah ketika mendapatkan musibah kehilangan uang. Hilangnya uang jamaah umroh dapat disebabkan beberapa hal, seperti dicopet dan terjatuh atau tertinggal.

 

Agar uang Anda tidak hilang, maka pertimbangkanlah keamanan menyimpan uang. Jika uang aman ibadah umrah menjadi lebih tenang dan nyaman.

Berikut ini 5 tips menyimpan uang secara aman saat umrah yang bisa anda lakukan :

 

1. Membawa Uang Pecahan Kecil

Jangan membawa uang besar dalam jumlah banyak setiap berangkat ke masjid atau berbelanja. Sebaiknya bawalah uang pecahan kecil secukupnya, sekitar 50–100 Real (Rp 180 ribu hingga Rp 360 Ribu) saja.

Selain itu uang pecahan kecil dapat mempersingkat waktu belanja, terutama ketika melalui proses tawar menawar.Simpan uang pecahan kecil tersebut dalam saku baju, celana dan dompet, sedangkan uang besar disimpan ditempat lain.

Jika Anda ingin belanja untuk oleh-oleh, sebaiknya jangan langsung belanja dalam jumlah banyak. Ketika belanja bawa uang secukupnya dan beli barang yang diinginkan, lain waktu belanja lagi untuk memperkecil kemungkinan kehilangan uang.

 

Baca juga : 

 

2. Menyimpan Uang Secara Terpisah

Apabila pakaian Anda belum memiliki kantong khusus yang didesain untuk menyimpan barang berharga, sebaiknya buatlah sendiri kantong rahasia untuk menyimpan uang dan dokumen penting lainnya. Namun cara ini sedikit merepotkan ketika harus mengambil uang untuk belanja, karena sedikit memperlambat proses belanja.

 

3. Menyimpan Uang dan Dokumen Penting Dalam Tas Anti Pencuri

Saat ini sudah banyak produsen tas yang menjual tas anti pencuri dengan bahan tebal, resleting kuat serta dilengkapi dengan kunci dan gembok.

Sebisa mungkin bawalah tas anti pencuri ini untuk menyimpan uang dan dokumen penting saat melakukan perjalanan umrah untuk meminimalkan resiko kehilangan yang mungkin menimpa.

 

4. Isi Dompet Seperlunya Saja

Kebanyakan jamaah umroh menyimpan semua kartu identitas dirinya, seperti: KTP, SIM, ATM, Kartu Kredit dan sebagainya dalam dompet

Tindakan ini cukup rawan, karena Anda umroh di luar negeri, sebaiknya jangan bawa semua, cukup bawa yang diperlukan saja, seperti: ATM, SIM atau kartu kredit.

 

5. Manfaatkan Tempat Penyimpanan Hotel

Manfaatkan tempat penyimpanan yang disediakan pihak hotel tempat Anda menginap untuk menyimpan barang-barang berharga. Sehingga saat keluar dari hotel cukup membawa uang secukupnya saja.

Namun jangan sampai lupa untuk mengambil barang-barang berharga tersebut saat check out dari hotel setelah selesai menjalankan ibadah umrah.

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp