Mockup Pesawat dan Jalur Cepat di Embarkasi/Debarkasi untuk Layani Jemaah Haji lansia

By. Siti Rahmawati - 17 Jul 2023

Bagikan:
img

Btemuritour.com-Proses pemulangan jemaah haji masih terus berlangsung. Di Indonesia terdapat 14 Embarkasi dan Debarkasi yang melayani keberangkatan serta pemulangan jemaah haji.

 

Selama jemaah haji berada di embarkasi/debarkasi, ada layanan yang telah dipersiapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Pelayanan bagi jemaah haji ini melibatkan sejumlah stakeholders di antaranya Kementerian Kesehatan, Imigrasi, Pemerintah Daerah, dan instansi terkait lainnya.

 

Melansir dari laman Kementerian Agama. Dikatakan Dodo, untuk memudahkan proses layanan jemaah lanjut usia (lansia), debarkasi Palembang menyediakan layanan khusus untuk jemaah haji lansia.

Mereka, lanjut Dodo, akan mendapatkan layanan fast track atau jalur cepat saat berangkat dan tiba di Tanah Air. Layanan fast track dilakukan satuan tugas dengan melibatkan sejumlah instansi seperti Kementerian Kesehatan dan personil dari Kementerian Agama yang memiliki kemampuan secara fisik, komunikasi, dan emosi yang direkrut untuk melayani jemaah lansia.

 

"Selain fasilitas dan infrastruktur penunjang operasional haji, sejumlah embarkasi/debarkasi memiliki layanan dan fasilitas yang mendukung kegiatan manasik dan layanan inovatif bagi jemaah khususnya jemaah lanjut usia," terang Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Minggu (16/7/2023).

 

Baca juga : 

 

Layanan Jalur Cepat bagi Lansia

Pada musim haji tahun ini, terdapat jemaah lanjut usia (lansia) dengan jumlah yang cukup banyak. Layanan bagi para lansia pun dimaksimalkan agar jemaah bisa menjalani ibadah dengan nyaman.

Dodo menjelaskan, sebagai salah satu langkah untuk memudahkan proses layanan jemaah lansia, debarkasi Palembang menyediakan layanan khusus untuk jemaah haji lansia.

 

Para jemaah lansia akan mendapatkan layanan fast track atau jalur cepat saat berangkat dan tiba di Tanah Air. Layanan fast track dilakukan satuan tugas dengan melibatkan sejumlah instansi seperti Kementerian Kesehatan dan personel dari Kementerian Agama yang memiliki kemampuan secara fisik, komunikasi, dan emosi yang direkrut untuk melayani jemaah lansia.

 

Mockup Pesawat Sebelum Kepulangan

Selain layanan jalur cepat, jemaah haji juga diberikan pengetahuan tentang perjalanan menggunakan pesawat terbang. Jemaah akan diajarkan bagaimana memahami perangkat keselamatan di pesawat, bagaimana penggunaan toilet, serta bagaimana cara tayamum di pesawat dan lain sebagainya.

 

Mockup pesawat tersebut dimaksimalkan sebagai media bimbingan manasik, dan diharapkan jemaah sudah familiar dan tidak banyak kendala lagi ketika berada di dalam pesawat saat perjalanan ke Tanah Suci maupun ketika kembali ke Tanah Air.

 

Dodo mencontohkan Debarkasi Sudiang Makassar yang memiliki mockup (maket) atau replika pesawat yang dibuat mirip dengan rancangan dan ukuran pesawat aslinya, yaitu pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300-IIR dengan kapasitas 90 tempat duduk.

 

Di mockup pesawat ini, jelas Dodo, jemaah akan diajarkan bagaimana memahami perangkat keselamatan di pesawat, bagaimana penggunaan toilet, serta bagaimana cara tayamum di pesawat dan lain sebagainya. Mockup pesawat tersebut dimaksimalkan sebagai media bimbingan manasik, dan diharapkan jemaah sudah familiar dan tidak banyak kendala lagi ketika berada di dalam pesawat saat perjalanan ke Tanah Suci.

“Terlebih sebagian besar jemaah belum pernah bepergian menggunakan pesawat,” terangnya.

Pada fase kepulangan jemaah, ia menyampaikan, hingga tanggal 15 Juli 2023 pukul 24.00 WIB jemaah gelombang I yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 77.657 orang, tergabung dalam 202 kelompok terbang (kloter).

 

Baca juga :

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp