Keutamaan Puasa Tasu’a di Bulan Muharram, Berikut Niat dan Jadwal Puasanya Tahun 1445 H/ 2023 M

By. Siti Rahmawati - 18 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Puasa Tasu'a adalah salah satu ibadah sunnah yang dilaksanakan pada bulan Muharram tahun Hijriyah. Puasa Tasu'a tepatnya dilakukan pada tanggal 9 Muharram di setiap tahun.

Hukum dari puasa Tasu'a adalah sunnah. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda,

 

Diriwayatkan oleh Imam Nasai, "Rasulullah melaksanakan puasa di bulan Muharram setelah bulan Ramadhan. Kemudian Rasulullah memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa Muharram. Nabi Muhammad SAW bersabda: Sesungguhnya Muharram adalah bulannya Allah yang di dalamnya tepat menjadi hari bertobat umat Islam atas dosa-dosa yang terdahulu."

 

"Sungguh, jika aku masih hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa tanggal 9 dan 10," (HR al-Khallal dengan sanad yang bagus dan dipakai hujjah oleh Ahmad).

Imam Muslim turut meriwayatkan hadits serupa, yakni "Sungguh jika aku (Rasulullah SAW) masih hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa tanggal 9."

 

Baca juga : 

 

Niat Puasa Tasu’a

 

Umat Islam yang ingin menjalankan ibadah puasa di 9 Muharram penting sekali untuk mengetahui niat puasa Tasu'a. Berikut niatnya seperti di bawah ini.

 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat puasa sunah Tasu'a karena Allah ta'ala.

 

Keutamaan Puasa Tasu’a

Dalam Kitab Irsyadul-Ibad yang ditulis Zainuddin al-Malibary, keutamaan puasa Tasu'a sebagai pembeda puasa umat Islam dengan bangsa Yahudi. Sebab, bangsa Yahudi juga melakukan puasa Asyura pada 10 Muharram.

 

Nabi Musa AS yang mengajarkan bangsa Yahudi melakukan puasa Asyura. Hal tersebut dilakukan sebagai rasa syukur dan terima kasih karena Allah SWT menenggelamkan Firaun dan pasukannya. Sementara Nabi Musa AS dan kaumnya selamat.

 

Sebagai pembeda, Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar umat Islam melakukan puasa satu hari sebelumnya, yakni puasa Tasua.

"Berpuasalah pada hari kesembilan (puasa Tasua) dan sepuluh (puasa Asyura) dan janganlah menyerupai orang Yahudi," tulis Zainuddin al-Malibary.

 

Baca juga :

 

Jadwal Puasa Tasu'a 2023

Berdasarkan pada Surat Keputusan Bersama atau SKB 3 Menteri, maka dapat diketahui bahwa tanggal 1 Muharram 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 19 Juli 2023. Tanggal 19 Juli 2023 ini bertepatan dengan peringatan Tahun Baru Islam 2023.

 

Berikut jadwal lengkap kapan puasa Muharram 2023 selengkapnya:

 

Puasa Tasu'a (9 Muharram 1445 H): 27 Juli 2023

Puasa Asyura (10 Muharram 1445 H): 28 Juli 2023

Puasa Ayyamul Bidh (13-15 Muharram 1445 H): 31 Juli-2 Agustus 2023

Demikian mengenai pengertian puasa Tasua, keutamaan, niat serta jadwalnya. Semoga kita selalu mendapatkan manfaat dari keutamaan berpuasa sunnah.

 

Baca juga : Menjelang Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1445 H, Berikut 12 Amalan Sunnah yang Bisa Kamu Lakukan !

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp