Tafa'ulan Amalan Minum Susu Putih 1 Muharram Menjadi Salah Satu Ibadah yang bisa Kamu Lakukan

By. Siti Rahmawati - 18 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Memasuki bulan Muharra, banyak sekali amalan sunnah yang bisa kita lakukan guna untuk mendapatkan pahala dan mendekatkan diri kepada yang kuasa. Salah satunya adalah minum susu putih di tanggal 1 Muharram. Meskipun hanya anjuran atau sunnah, minum susu putih 1 Muharram bisa menghadirkan keberkahan bagi yang melakukannya.


 

Tentu, terdapat doa yang dibaca saat minum susu putih di malam 1 Muharram. Dalam agama Islam, banyak amalan dan doa yang dianjurkan untuk dilakukan pada momen-momen khusus, termasuk pada awal tahun Hijriyah.

 

Sumber gambar : Freepik.com

 

Baca juga : 

 

Banyak kebiasaan orang-orang saleh yang bisa ditiru karena fadhilah dan manfaatnya, termasuk amalan menjelang tahun baru Islam (hijriyah). Di antara amalan orang-orang saleh ini, yakni meminum susu putih pada malam 1 Muharram (malan Tahun Baru). Kebiasaan ini selalu diamalkan Ulama besar Makkah, Abuya As-Sayyid Muhammad Bin Alawy Al Maliki (1944-2004).

 

Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun dilansir dari kajiannya mengatakan, As-Sayyid Muhammad Bin Alawy apabila masuk 1 Muharram beliau membagikan susu kepada santri-santrinya. Di dalam minuman susu terdapat anugerah yang telah disiapkan Allah untuk umat Rasulullah SAW. Selain air rendaman kurma, Nabi Muhammad diketahui paling menyukai susu kambing.

 

Doa dan Fadhilah Minum Susu Adapun waktu yang dianjurkan minum susu adalah pada malam 1 Muharram sebelum Subuh. Fadhillahnya adalah Tafa'ulan (melakukan sesuatu dengan harapan mirip dengan sesuatu itu). Tafa'ulan meminta agar sepanjang tahun dijadikan tahun yang putih, tahun yang bersih, tahun melakukan kebaikan-kebaikan.

 

Baca juga :

 

Doa Minum Susu Putih 1 Muharram

 

Ketika melakukannya pada malam 1 Muharram, umat Islam dapat memperkaya pengalaman minum susu dengan berdoa untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT. Berikut adalah doa yang dianjurkan saat minum susu malam 1 Muharram:

 

ُ‎اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَزِدْنَا مِنْه

Artinya: "Ya Allah, berkahilah minuman kami dan tambahkanlah darinya (rezeki) pada kami."

 

Doa ini dimulai dengan menyebut nama Allah SWT, yang mengingatkan akan kehadiran-Nya dalam setiap aspek hidup. Kemudian, doa ini memohon kepada Allah untuk memberkahi susu yang kita minum pada malam 1 Muharram dan memperkaya keberkahannya.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp